Amankan Liburan, Sat Brimob Polda Metro Jaya Diterjunkan ke Objek Wisata Pantai

Peristiwa638 Dilihat

 

BeTimes.id-Sejumlah petugas Tim SAR Brimob  Polda Metro Jaya Polri ditempatkan di obyek wisata yang dinilai memiliki kerawanan cukup tinggi.

Pasukan  itu dilengkapi satu unit kendaraan SAR Brimob serta kapal karet siap siaga mengantisipasi  jika dibutuhkan, terutama jika terjadi laka laut, kata Pasi Ops Batalyon D Pelopor Iptu Subarsana di sela sela apel pelaksanaan tugas, Minggu (29/12).

Tujuan Satuan Brimob Polda Metro Jaya, selain menindaklanjuti perintah Kapolda Metro Jaya melalui Dansat Brimob Metro Jaya Kombes Pol Deonijiu De Fatima, S.IK. SH, juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.

 

“Tim SAR siaga di setiap pantai selama musim liburan tahun baru,” ujar Iptu Subarsana.

Kepada anggota SAR yang bertugas  agar mengutamakan pengawasan kepada anak-anak yang berenang di pantai Lagon, Ancol.

Karena menurut informasi kondisi pantai Lagon masih curam dan rawan terjadinya korban tenggelam.

“Kepada setiap anggota yang bertugas saya tanamkan jiwa ikhlas dalam melayani dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas pengamanan, khususnya antisipasi korban tenggelam”.

“Sehingga selain mengamankan obyek wisata dan mengamankan warga yang melaksanakan liburan, juga dapat lebih mendekatkan Polri terhadap masyarakat,” ucapnya.

Tim SAR Brimob Batalyon D Pelopor Polda Metro Jaya, kata Iptu Subarsana, juga mengajak masyarakat yang berlibur agar dapat menikmati fasilitas negara dengan berlayar bersama menggunakan perahu karet milik tim SAR.

“Tim SAR juga akan memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat yang ikut berlayar di perahu karet tentang  SAR Brimob,” ucapnya.

Dalam pantauan media, antusias masyarakat sangat tinggi terhadap layanan dan fasilitas yang diberikan tim SAR. Anggota  kewalahan melayani antusias masyarakat.

Sebagian petugas terlihat melakukan pemantauan terhadap pengunjung dan sejumlah anggota melakukan penyisiran di sepanjang pinggir pantai Lagon Ancol, mulai dari ujung barat sampai timur.

Hal itu dilakukan setiap 1 jam sekali, mulai dari jam 09.00 WIB hingga jam 18.00 WIB.

Menjelang petang, petugas melarang pengunjung berenang di Pantai Lagon.

Dikatakan, jiwa melayani selalu ada di pundaknya. “Bagi kami, keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam berlibur merupakan prioritas. Sebab itu, pemantuan pengunjung dan pelaksanaan patroli menyisir sepanjang pantai Lagon kami lakukan setiap 1 jam sekali dan  selama pelaksanaan tugas, tidak ada peristiwa yang menonjol, baik korban tenggelam maupun korban tindak pidana lainnya.

“Semoga lelah kami menjadi ibadah dan menjadikan keceriaan bagi masyarakat. Brimob untuk indonesia,” ujar Iptu Subarsana. (*/hem)

Komentar