Posko Tanggap Bencana Peduli Kasih HKBP Distrik XIX Bekasi

Peristiwa524 Dilihat

BeTimes.id- Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Distrik XIX Bekasi mendirikan Posko Tanggap Bencana Peduli Kasih sebagai bentuk kepedulian terhadap jemaat termasuk  masyarakat umum, pekerja sektor informal di sekitar gereja akibat dampak virus Corona (Covid-19).

Bantuan yang diberikan berupa sembako termasuk bentuk Voucher maupun bantuan langsung lainnya, bahkan jika dimungkinkan, mengirimkan bantuan ke rekening yang bersangkutan, agar “social distancing” tetap dapat terjaga dengan baik.

Praeses HKBP Distrik XIX Bekasi  Pdt.Banner Siburian.MTh mengatakan, wabah pandemik Covid-19 berdampak cukup luas, apalagi hingga kini belum ada tanda-tanda  grafik penurunan. Karena itulah, segenap jajaran HKBP se-Distrik XIX Bekasi, turut berbeban atas dampak dan akibat  wabah yang mengguncang dunia ini. Apalagi, sampai saat ini belum ditemukan obat virus tersebut.

Salah satu imbas yang paling terasa di akar rumput adalah  warga jemaat dan masyarakat sebagai pekerja harian, pedagang asongan, serta pekerja sektor informal lainnya. “Inilah yang menjadi salah satu fokus perhatian kita,” seru Praeses HKBP Distrik XIX Bekasi Pdt Banner Siburian MTh kepada segenap pimpinan jemaat di jajaran HKBP se-Distrik XIX Bekasi pada awal April 2020 lalu.

Dalam surat edarannya, Praeses Banner Siburian menyerukan agar segenap gereja tetap berdoa, kiranya Tuhan yang campur tangan, sehingga virus tersebut bisa hilang dari muka bumi ini.

Dikatakan,  HKBP Ressort Maranatha Rawalumbu telah memulai pelaksanaan Posko Peduli Kasih ini, Sabtu 4 April 2020 lalu. Pendeta HKBP Ressort Maranatha Rawalumbu Pdt Asman H Sitompul STh dibantu St O Sihombing bersama para Majelis jemaat mendistribusikan bantuan sembako sejumlah 140 paket. Isinya beras, minyak goreng, mie instan dan lainnya.

Gayung pun bersambut, pada  Minggu tanggal 5 April 2020, HKBP Bojong Menteng yang dipimpin Pdt Miduk Sirait STh telah  menyediakan dan mendistribusikan bantuan paket sebanyak 150 paket untuk 150 Kepala Keluarga (KK). Mereka yang menerimanya adalah para sopir angkot, Gojek, tambal ban, pedagang asongan, yang terkena PHK, dan lainnya. Demikian juga HKBP Mustika Jaya,  telah melaksanakan distribusi paket sembako tersebut, baik kepada warga jemaat maupun masyarakat sekitar gereja setempat sebanyak 20 KK,  berupa beras, minyak goreng, mie instan dan lainnya.

Sebelumnya, HKBP Persiapan Ressort Jati Murni, juga telah memberikan bantuan sosial diakoni jemaat kepada 35 KK pekerja harian yang terkena dampak atau imbas langsung dari pandemic Covid-19 ini. Selain itu, menurut pimpian jemaat HKBP Persiapan Ressort Jati Murni Pdt Fery Donald Pasaribu MTh, bantuan itu diestimasikan sebesar Rp 500.000,-  per KK.  Hal itu diutamakan kepada para pekerja harian warga jemaat dan sekeliling gereja (masyarakat setempat) serta para janda.

Sementara itu, HKBP Ressort Lippo Cikarang, juga turut menggerakkan Posko berjalan Tanggap Bencana peduli kasih ini, terutama kepada sopir dan kernet angkutan, pekerja Ojol, pedang asongan, tambal ban, terutama yang menganggur akibat imbas dari Covid-19 ini. Pdt Maruli Manik serta ditopang  St RZ Simanjuntak, memberikan bantuan masing-masing Rp 300.000,-, dan mengirimkan langsung ke rekening yang bersangkutan. Mereka sedapat mungkin menghindari kerumunan dan perjumpaan sementara antara satu dengan yang lain.

Demikian juga HKBP Philadelphia telah menyerahkan bantuan paket kepada 20 kepala keluarga. Kemudian diikuti dengan Peduli Kasih HKBP Bintara, yang telah menyediakan bantuan sembako sebanyak 100 paket. “Semoga Tuhan berkenan serta memberkati setiap posko gereja di jajaran HKBP Distrik XIX Bekasi,” katanya.

Ditambahkan, sampai saat ini  telah tersalur bantuan dari Posko Tanggap Bencana Peduli Kasih se-HKBP Distrik XIX Bekasi sebanyak 586 paket. “Kami berdoa, kiranya bantuan tersebut dapat menambah semangat cinta kasih di antara kita sesama warga jemaat maupun dengan masyarakat setempat di mana kita berada. Semoga badai dan wabah Covid ini cepat berlalu,” katanya.

Praeses Banner Siburian menyampaikan salut kepada segenap Posko Tanggap bencana di jemaat-jemaat, para pimpinan jemaat serta warga jemaat dan simpatisan yang turut serta berpartisipasi dalam panggilan peduli kasih ini. Amin. (hem)

 

Komentar