Dua Periode Praeses, Pdt.Banner Siburian.MTh Mantapkan Langkah Jadi Sekjen HKBP

Peristiwa752 Dilihat

BeTimes.id-Dua periode sebagai Praeses di tempat yang berbeda, memantapkan langkah Pdt.Banner Siburian.MTh maju sebagai calon Sekretaris Jenderal (Sekjen) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dalam Sinode Godang yang akan dilaksanakan di Pearaja Tarutung, Sumatera Utara Oktober 2020 mendatang.

Pdt.Banner Siburian.MTh yang kini sebagai Praeses HKBP Ditrik XIX Bekasi dipastikan maju sebagai calon Sekjen. Bahkan, dalam ibadah menyambut Sinode HKBP Distrik XIX Bekasi sekaligus memberangkatkan mantan Pendeta HKBP Rawalumbu menjadi calon Sekjen HKBP 2020-2024 dilaksanakan di HKBP Jatisampurna, Kota Bekasi, Kamis (6/8).
Ibadah dimulai pukul 10.00 WIB dengan liturgis Pdt. Oloan Nainggolan, STh dan renungan disampaikan Pdt.J.A.U Doloksaribu dari  Daniel 10:19, dan berkata: “Hai engkau yang dikasihi, janganlah takut, sejahteralah engkau, jadilah kuat, ya, jadilah kuat!” Sementara ia berbicara dengan aku, aku merasa kuat lagi dan berkata: “Berbicaralah kiranya tuanku, sebab engkau telah memberikan aku kekuatan.”
Sementara itu,  Pdt.Banner Siburian.MTh dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada segenap warga jemaat dan Majelis melalui kehadiran perutusan setiap Ressort, untuk sama-sama berdoa demi kelancaran dan kondusifitas yang damai dalam Sinode HKBP Distrik XIX Bekasi tanggal 15 Agustus 2020 mendatang maupun Sinode Godang HKBP yang direncanakan 19-25 Oktober 2020.
Banner juga berterimakasih kepada tuan rumah ibadah memohon berkat Tuhan, yakni HKBP Jatisampurna  yang dipimpin  Pdt Marolop P Sinaga, MTh.
Dikatakan, Aturan dan Peraturan HKBP amandemen 3 memang memiliki konsekuensi yang harus ditanggung bersama. Namun, bagaimanapun, semua peserta Sinode Distrik XIX Bekasi haruslah tetap rukun, damai dan kompak, sekaligus menunjukkan karakter yang terpuji dan dewasa dalam memaknainya.
“Kita semua berkomitmen mengawal agar Distrik XIX Bekasi tetap sejuk, kompak dan bersahabat terutama dalam pengejawantahan nilai-nilai  kehidupan beriman yang matang dan dewasa. Perbedaan tidak harus membuat kita berjauhan, tetapi untuk saling mengisi dan menopang demi kemajuan bersama terutama kemajuan Distrik ini,” kata mantan Praeses Distrik XXVII Kaltimsel ini.
Ditambahkan, kita memiliki tugas panggilan dan tanggungjawab untuk mengisi dan memaknai Aturan dan Peraturan gereja sebagai ekklesiologi yang harum di hadapan Tuhan. Bila di sana sini ada kekurangannya, hendaklah kesadaran bersama memacu dan menjadi langkah maju ke depan, untuk men-design sebuah Aturan gereja yang melayani, yang memperkuat semanfaat persaudaraan serta mempersatukan segenap stakeholders di HKBP.
Ayah dari 4 anak ini, memohon doa dan dukungan segenap peserta Sinode Distrik, warga jemaat maupun Majelis, agar bila Tuhan berkenan serta dikehendaki Sinodestan,  mempersembahkan diri sebagai Sekjen di HKBP periode ke depan. “Saya hanya mengandalkan kuasa Tuhan serta topangan kita semua. Kita harus sepakat, Sinode Distrik terutama Sinode Godang nanti, haruslah kudus, bersih dari money politics maupun kepentingan politik”, kata  pria kelahiran Paranginan, Desa Lumban Barat, Kwcamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan 21 November 1966.
Setelah ibadah yang dihadiri para utusan sinode Distrik dari 20 Resort HKBP se-Distrik XIX Bekasi itu, dilanjutkan dengan makan bersama. Kemudian.memberikan sambutan mewakili jemaat Pandapotan Sinaga, mewakili tuan rumah Kolonel Siagian mewakili para pelayan penuh waktu Pdt. Marolop Sinaga, MTh, mewakili pelayan penuh waktu dari kaum perempuan Pdt. Sumihar Sinaga, D.Min dan doa penutup Pdt. Patar Soaduon Napitupulu, M. Min.
(hem)

Komentar