Sekitar 48 Ton Sampah Memadati  Kali Cikarang Diangkut

Peristiwa873 Dilihat

BeTimes.id-Sebanyak 48 ton sampah di kali Cikarang wilayah perbatasan Cikarang Barat dan Cikarang Utara berhasil diangkut Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jumat (4/9).

Pembersihan Kali yang selama menghambat arus air dan menimbulkan bau itu, atas kerjasama DLH dengan Komunitas Save Kali Cikarang dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi.

Peno Suyatno,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi mengatakan,  pengangkatan sampah akan menjadi agenda rutin yang dilakukan setiap hari Jumat (Jumat Bersih) dengan sasaran Kali di berbagai tempat.

“Alhamdulillah,  kita sudah selesai  mengangkat sampah yang berkolaborasi dengan Komunitas Save Kali Cikarang dan BPBD. Kegiatan yang sama,  akan  dilanjutkan  secara rutin setiap hari Jumat. Untuk saat ini, kita akan melaksanakan selama dua hari,”  katanya ketika  diwawancarai.

Pembersihan Kali Cikarang disusur mulai dari perbatasan  Cikarang Barat dan Cikarang Utara selama dua hari, dimulai  hari Jumat dengan  mengerahkan 12 armada dan ditargetkan akan selesai  hari Sabtu.

Ia berharap masyarakat dapat berperan serta mendukung kebersihan lingkungan. Selain upaya yang telah dilakukan Pemerintah Daerah, masyarakat juga dihimbau agar sadar dan disiplin menjaga lingkungan.

“Peran serta masyarakat sangat diharapkan dalam mendukung  kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya. Karena tidak cukup hanya dilakukan Pemerintah Daerah, tetapi masyarakatnya  harus  ikut andil dengan aksi langsung,” katanya. (hms/hem)

Komentar