Tumpukan Sampah Penyebab Banjir di Kali Jambe Bekasi Dibersihkan

Peristiwa199 Dilihat

BeTmes.id-Puluhan petugas Kebersihan diterjunkan mengangkut sampah yang menumpuk di Kali Jambe yang melintasi perbatasan Kecamatan Tambun Selatan dan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Sabtu (19/9).

Sampah tersebut sudah lama memadati Kali, sehingga alirannya tersendat. Apalagi jika terjadi hujan, dengan cepat air  memenuhi Kali. Karena itulah, untuk mengantisipasi memasuki musim hujan, para  petrugas kebersihan pun diterjunkan untuk mengangkut sampah dan lumpur.

Camat Tambun Selatan Junaefi mengatakan setiap tahun di wilayahnya kerap kebanjiran dengan ketinggian satu sampai satu setengah meter. “Setahun bisa dua kali kebanjiran,” katanya.

Karena itulah, pihaknya berinisiatif membersihkan kali dari tumpukan sampah dan lumpur.  Sekitar 70 orang  dilibatkan membersihkan kali tersebut,”  kata Junaefi.

Dikatakan,   sampah plastik yang paling banyak terdapat di kali, sehingga menghambat aliran sungai. ”Saya himbua kepada para pedagang dan masyarakat sekitar  supaya tidak  membuang sampah di kali karena akan berdampak kebanjiran saat musim hujan nanti,” ujarnya.

Sementara terkait kian mengecilnya kali, Junaefi berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat supaya  menormalisasi Kali itu. Bahkan, jika memungkinkan sekalian dibuat banjir kalan seperti yang ada di Jakarta. (tbs/hem)

 

Komentar