Grup Kolintang  Dari  Kabupaten Bekasi Sabet Juara 1 Nasional

Pendidikan255 Dilihat

BeTmes.id-Grup Kolintang Klabat di bawah naungan Sanggar Tamporok merebut Juara 1 Piala Bergilir Kemenkominfo dalam Kejuaraan Nasional Kreativitas Kolintang Virtual Perdana Nasional 2020 kategori original, Rabu (23/9).

Piala ini diberikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G Plate secara virtual sebagai bentuk apresiasinya kepada Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 75.  Kejuaraan itu sendiri digelar Agustus 2020.

Menkominfo pun mengatakan, kolintang saat ini sedang diperjuangkan ke UNESCO untuk ditetapkan  jadi  warisan dunia dari Indonesia di Tahun 2023.

Selain itu, Delly Luntungan selaku perwakilan dari Sanggar Tamporok menjelaskan, keikutsertaan  dalam kejuaraan  ini untuk mewakili Jawa Barat.

“Ya kami menjadi perwakilan dari Jawa Barat,  mengirimkan dua grup asuh dari Sanggar Tamporok untuk mengikuti dua kategori lomba yaitu, Kolintang Original dan Kolintang Kreativitas Milenial,” jelasnya.

Dikatakan, tidak hanya menjadi juara umum di kategori kejuaraan kolintang original, namun Sanggar Tamporok juga berhasil menjadi juara di kategori penyanyi terbaik dan karya cipta lagu terbaik untuk tema Covid-19 ataupun new normal.

“Dalam kategori kolintang original kami memilih untuk membawakan lagu Bengawan Solo,” tuturnya.

Lagu bengawan Solo ini dipilih, karena cukup populer baik  di dalam negeri maupun luar negeri. Maka, ia  berharap, agar musik kolintang semakin banyak disukai  masyarakat luas khususnya  di Jawa Barat. (hms/hem)

Komentar