Disdukcapil Kabupaten Bekasi Lakukan Berbagai Terobosan

Uncategorized339 Dilihat

BeTimes.id-Berbagai terobosan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi mendapat sambutan dari masyarakat. Karena mereka semakin dimudahkan dalam berbagai urusan, sekalipun memang masih perlu terus dilakukan pembenahan.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi Ani Rukmini juga mangapresiasi terobosan itu, karena mudahnya urusan, akan memberikan kepastian bagi masyarakat. Seperti dalam pembuatan surat penting, harus ada jaminan waktu. Semakin cepat, semakin baik. Jangan sampai disebut cepat, tapi berbulan-bulan baru selesai, sehingga tidak ada kepastian waktu.

Terobosan seperti antarkan KTP ke alamatnya melalui kantor Pos, layanan di Gerai Cepat (Gercep) Sentra Grosir Cikarang (SGC), pelayanan mobil keliling, motor keliling, perekaman E-KTP keliling dan KIA keliling.

Saat ini ada satu unit mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) bantuan Kementerian Dalam Negeri yang diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak melakukan pencetakan KTP Elektronik, Kartu Keluarga, maupun dokumen lainnya, harus diapresiasi. Tetapi ADM itu memerlukan teknisi dan operator yang mengoperasikannya. Sebab, masih banyak gagap teknologi (gaptek). Jika dibiarkan masyarakat langsung tanpa operator, dikhawatirkan tidak bisa dioperasikan sebagaimana mestinya.

Dan jika ADM ini, semakin mempercepat pelayanan, maka pihaknya akan mendorong agar bisa ditambah. “Kalau memang ada dijual, tidak masalah dianggarkan untuk pengadaannya. Lain hal kalau alat itu hanya dikeluarkan Kemendagri, paling diusulkan penambahannya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan, pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Berbagai terobosan itu, sebagai upaya memudahkan masyarakat dalam berbagai urusan. “Pelayanan selama ini, tentu masih banyak kekurangan, namun upaya percepatan penyelesaian berbagai surat-surat penting, terus dilakukan. Pelayanan terbaik dan bisa dirasakan masyarakat, merupakan tujuan Disdukcapil,” katanya.

Menyinggung ADM itu, dikatakan lokasinya di Mal Pelayanan Publik Lotter Mart Cikarang Utara dan segera di dapat dioperasikan. ADM itu sendiri merupakan hibah dari Kemendagri dan diharapkan semakin mempercepat pelayanan, katanya. (adv)

Komentar