Perangkat Daerah Harus Utamakan Program Prioritas Pembangunan Tahun 2022

Hukum899 Dilihat

Sekda Kabupaten Bekasi, H. Uju


BeTimes.id-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi Uju meminta agar pengalokasian anggaran kegiatan di setiap perangkat daerah mengutamakan program dan kegiatan yang menjadi prioritas pembangunan di tahun 2022.

Uju menyampaikan itu, ketika menutup kegiatan Forum Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi, di Hotel Holiday Inn Cikarang Selatan, Selasa (09/03).

Mantan Kepala Dispenda ini juga meminta agar dapat mengurangi kegiatan sosialisasi dan lainnya yang tidak mendukung secara langsung dalam pencapaian kinerja outcome prioritas pembangunan daerah.

Rancangan rencana kerja perangkat daerah tahun 2022 yang disepakati dalam forum tersebut, katanya harus selaras dengan tema pembangunan tahun 2022, yaitu pemantapan ketahanan ekonomi daerah dan kehidupan masyarakat menuju daya saing melalui pembangunan yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat daerah ini.
“Saya berharap kegiatan forum perangkat daerah yang telah dilaksanakan selama satu minggu terakhir, dapat mencapai tujuan yang diharapkan,” ujarnya.

Ia mengingatkan, agar perangkat daerah konsisten melaksanakan hasil kesepakatan forum perangkat daerah dalam rencana kerja (renja), terutama berbagai usulan yang telah disepakati untuk diakomodir.

Penyusunan rencana kerja, harus memperhatikan kelengkapan daya dukung baik administrasi maupun teknis lainnya. Seperti kajian, DED, kesiapan lahan, hasil survey dan pendukung lainnya. “Kegiatan yang telah ditetapkan harus benar-benar dilaksanakan agar tidak lagi terjadi Silpa yang besar,” katanya.

Uju meminta agar perangkat daerah menyusun anggaran program dan kegiatan secara efektif dan efisien karena terbatasnya APBD Kabupaten Bekasi dan mengoptimalkan sumber pendanaan lainnya di samping Pendapatan Asli Daerah (PAD).
“Bappeda dan perangkat daerah a supaya melakukan pemetaan dan proaktif mengusulkan, serta berkoordinasi dengan berbagai instansi dalam upaya meningkatkan sumber dana pembangunan non PAD tersebut,” ujarnya. (adv)

Komentar