Sebanyak 4.522 ASN Pemkab Bekasi Telah Divaksin Tahap I

Uncategorized473 Dilihat

Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Bekasi mengikuti vaksinasi massal Covid-19 di Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur.

BeTimes.id-Sebanyak 4.522 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga pendukung di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengikuti vaksinasi massal Covid-19 di Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur, Senin dan Selasa (1-2 Maret 2021) lalu.

Bagi yang menerima vaksinasi tahap I, dilakukan setelah pihak puskesmas atau fasilitas kesehatan (Faskes) memberikan undangan untuk penerimaan dosis ke-2 dan disampaikan, secara serentak kepada seluruh penerima vaksin virus Covid-19 yang telah terdaftar.
Aturan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI (KMK) Nomor HK.01.07/MENKES/12757/2020 tentang Penetapan Sasaran Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pada tanggal 28 Desember 2020 lalu.

Fakta keamanan dan perlunya vaksin untuk cegah Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti menjelaskan, bahwa pengetahuan seputar pentingnya vaksinasi Covid-19 yang baik dan aman kepada masyarakat tersebut, memang harus diketahui.

Bagi yang sudah divaksin, secara medis akan memiliki kekebalan terhadap Virus Covid-19. ” Ketika vaksin disuntikkan , terjadi pengenalan terhadap sarcov-2 yang inaktifkan. Maka, tubuh akan mengenal virus, karena virus ini inaktif, maka lebih aman,” ujarnya, Rabu (10/3). Mengenai vaksin yang efektif dan aman, fakta yang ada, orang yang sudah divaksin yang bisa kebal tanpa harus sakit terlebih dulu. “Setelah dosis ke-2 disuntikan tubuh akan membentuk kekebalan. Setelah ini tubuh akan memiliki kekebalan,”jelasnya.

Dikatakan, setelah vaksinasi tetap menjaga 5 M, sehingga dapat mencegah penularan covid-19. Meskipun, bila disimpulkan, vaksin punya satu keunggulan, yaitu dia bisa memberikan perlindungan berupa kekebalan yang sifatnya sangat spesifik.

Menyinggung vaksinasi tahap ke-2, Sri menyatakan, perlu dipahami bersama, untuk saat ini Jadwal Vaksinasi masih untuk tenaga kesehatan (nakes), pelayan publik dan lansia. “Nanti, ada undangan dari puskesmas atau faskes untuk vaksinasi massal dosis ke- 2, yang kemari dosis 1 di Stadion Wibawa Mukti yang keduanya juga di stadion,” katanya. (adv)

Komentar