Bagikan berita kami:

Sekertaris Umum DPP GAMKI Sahat Sinurat memberika n buku tulis kepada pelajar Mentawai, Senin (10/1) malam.

BeTimes.id-Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabagalet menegaskan, dalam pelestarian lingkungan menolak usaha kelapa sawit diterapkan di daerahnya.

“Penting menjaga kelestarian lingkungan untuk masa depan pelestarian bumi Kepulauan Mentawai. Makanya saya menolak untuk pengembangan kelapa sawit di sini,” tegas Yudas, dalam pertemuannya dengan aktifis Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) se- Indonesia di Aula Hotel Bujai Mentawai Geriya, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Senin (10/1) malam.

Dalam acara pertemuan GAMKI seluruh Indonesia itu, hadir Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kartanius Sabeleake.

Menurutnya, buat apa mendapat uang yang melimpah dari kelapa sawit sementara lingkungan akan menjadi rusak. “Padahal pelestarian lingkungan adalah salah satu mandat Tuhan berikan kepada manusia,” tambah Bupati dua periode itu.

Diakui Bupati, Kepuluan Mentawai masih termasuk daerah prioritas pemerintah dalam percepatan daerah tertinggal (PDT). “Butuh perhatian pemerintah pusat untuk memperhatikan lebih serius dalam membangun Mentawai,”imbuh Yudas.

Untuk memajukan Mentawai, Yudas melanjutkan, maka dibutuhkan pembangunan Trans Kepaluan Mentawai untuk menghubungkan daerah satu ke daearah lain sehingga memudah kan akses ekonomi ke depan.

“Harga-harga betapa mahal disini, karena melalui jalur pulau satu ke pelau lain menjadi faktor penyebabnya. Maka solusi yang tepat terbangunnya Trans Kepulauan Mentawai. Apalagi selama ini kebutuhan masyarakat Mentawai masih tergantung kota Padang,”terang Yudas.

Dia menegaskan, untuk memajukan Kepalauan Mentawai adalah peningkatan sumber daya manusianya (SDM), dengan mengirim para pelajar untuk memperoleh pendidikan lebih baik untuk membangun Kepalauan Mentawai ke depan.

Dalam acara sama, Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Sinurat mengutarakan, peran pemuda Mentawi sangat dibutuhkan dalam penata layanan pembangunan Mentawai.

“Dengan meningkatnya SDM pemuda Mentawai maka ke depan akan mendorong Mentawai lebih baik lagi. GAMKI punya konsen dalam pemberdayaan pemuda, khususnya pemuda gereja Mentawai dalam membangun daerahnya,”ujar Sahat. (Ralian)


Bagikan berita kami:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *