Lapas Cikarang Gandeng PT.API Gelar Pelatihan Kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan

Pendidikan763 Dilihat

BeTimes.id-Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar pelatihan kemandirian untuk Warga Binaan Pemasyarakatan bekerjasama PT. Argo Pesona Indonesia(2/2).

Kegiatan ini untuk memberikan ilmu kepada 30 Warga Binaan Khususnya di bidang Pembuatan Telur Asin, Pembuatan Kue Kering dan Konveksi yang dilaksanakan di Area Kegiatan Kerja Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang dengan tenaga ahli PT. Argo Pesona Indonesia (PT.API).

Pendidikan dan Pelatihan ini sebagai upaya yang bersifat Ultimum Remidium (upaya terakhir) yang lebih tertuju kepada alat agar Warga Binaan Pemasyarakatan sadar atas perbuatannya, sehingga pada saat kembali ke masyarakat akan menjadi baik, baik dari segi keagamaan, sosial budaya maupun moral, sehingga akan tercipta keserasian dan keseimbangan di tengah-tengah masyarakat dan memiliki bekal keterampilan yang berguna bagi dirinya, keluarga dan masyarakat.

Tujuan program ini secara umum agar mereka dapat menjadi manusia seutuhnya sebagaimana yang telah menjadi arah pembangunan nasional melalui jalur pendekatan memantapkan iman (ketakwaan mental) dan bimbingan bagi mereka agar mampu berintegrasi secara wajar di dalam kehidupan (kelompok/masyarakat) setelah selesai menjalani masa pidananya.

Dalam 1 tahun kedepan Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Cikarang akan melaksanakan 12 Jenis Pelatihan Kemandirian dengan harapan dapat memberikan bekal ketika Sudah Bebas dan setelah pelatihan dapat dipraktekkan, sehingga membentuk Kelompok Kerja Baru yang Produktif.

Tahapan dalam pemilihan peserta pelatihan keterampilan, Assesmen minat dan bakat Pre – Test Pelaksanaan kegiatan dengan metode teori dan praktek.(tbs)

Komentar