Wandik: Ketokohan Sabam Sirait Dalam Perjuangan Demokrasi Tidak Usah Diragukan

Nasional571 Dilihat

BeTimes.id-Sosok Sabam Gunung Panangian Sirait tidak usah diragukan lagi di kancah nasional.  Nama populer yang dikenal, adalah sesepuh bangsa, dan pimpin rakyak.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Willem Wandik mengatakan, Sabam adalah begawan politik Indonesia.

“Pengalalam dan perjuangan Beliau dalam dunia politik dan ikut membangun demokrasi di Indonesia tidak perlu diragukan lagi, bahkan di akhir hayatnya, beliau masih tercatat sebagai anggota senator periode 2019-2024,” kata Wandik, dalam sambutanya pada seminar yang digelar secara Hybride, bertajuk “Keteladanan dan Kepeloporan Sabam Sirait, di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (FK UKI), Cawang, Jakarta, Selasa (22/3).

Menurut Wandik, figur Sabam Sirait sebagai tokoh bangsa meninggalkan aneka ragam keteladanan yang bermartabad dan beradab. “Sikap, pendirian serta pemeikirannya menunjukkan beliau bukanlah politisi biasa namun sarat akan intelektual , visioner dan cendekiawan,”ucap Wandik.

Selain bergelut di dunia politik, lanjut Wandik, Sabam Sirait juga konsisten memperjuangkan kebinekaan di tengah kemajemukan bangsa.

Menurutnya, sikap yang sampai hari ini masih sangat dibutuhkan oleh bangsa kita mengingat isu-isu perpecahan yang menyangkut SARA masih menjadi headline diberbagai media-media konvensional maupun media sosial.

“Bangsa ini membutuhkan sosok Sabam Sirait lainnya yang secara konsisten memperjuangkan kebinekaan mengingat negara ini didirikan atas persatuan dari berbagai keberagaman baik suku, ras, agama, benua dan lain sebagainya yang harus tetap di rawat dalam bingkai 4 Pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD, NKRI, dan Bhineka Tunggal ika sebagai landasan kehidupan kita bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”imbuh Wandik. 

Dia mengatakan, nilai-nilai kebinekhaan di tengah kemajemukan terus Sabam tinggikan serta rasa nasionalisme yang terus di gelorakan meski sempai berada dalam tekanan politik pada perjalalan kariernya di parlemen dengan tujuan yang sangat mulia.

“Hal ini agar demokrasi dan nasib orang-orang kecil diperhatikan oleh kekuasaan yang memegang kepemimpinan Negara,”tukasnya.

Wandi mengatakan, jika saat ini Sabam Sirait diusulkan menjadi pahlawan nasional maka usulan tersebut sudah memiliki  basis pijakan yang kuat. Bahakan, secara Ketokohan Sabam Sirait tidak perlu di ragukan lagi.

“Kiprah beliau di dunia Politik dan ikut serta membangun demokrasi di negara ini dengan pemikiran yang visioner dan penuh integritas. Semoga kita semua dapat belajar banyak dari figure Tokoh Bangsa Bapak Sabam Gunung Panangian Sirait yang sangat legendaris,”ujar Wandik. (Ralian)

Komentar