Kendaraan Ke tol Arah Trans Jawa Turun 6 Persen

Hukum697 Dilihat

BeTimes.id-Korlantas Polri mencatat jumlah Kendaraan dari arah Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menuju ruas Tol Trans Jawa menurun sejak kemarin, sementara yang mengarah ke Jakarta mengalami kenaikan 51 persen.

“Perbandingan arus, baik masuk dan keluar Jakarta melalui Tol Cikampek pada 29 ke 30 April 2022 menurun 6 persen,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis, Minggu (1/5).Pada 29 April tercatat 105.016 kendaraan mengarah ke Tol Trans Jawa, namun pada 30 April, jumlahnya menurun jadi 98.374 kendaraan.

Tetapi arah sebaliknya, kata Dedi, tercatat kenaikan signifikan kendaraan yang mengarah ke Jakarta, yakni 51 persen.Arus masuk Jakarta naik 51 persen dari 5.205 menjadi 7.868 kendaraan, sementara jumlah kendaraan pemudik ke arah Merak-Sumatera mengalami penurunan sebesar 3 persen.

Penurunan itu, menandakan puncak arus mudik sudah terlewati. Polisi kini fokus mematangkan strategi dan cara bertindak untuk mengawal arus balik mudik Lebaran sebagai upaya meminimalisir risiko terjadinya kepadatan Kendaraan di jalan.”Pak Kakorlantas juga sudah memberi imbauan, agar para pemudik jangan ramai-ramai, berbarengan pulang pada tanggal-tanggal yang sudah diprediksi menjadi puncak arus balik mudik. Ini untuk menghindari kepadatan kendaraan. Kami berterima kasih kepada masyarakat yang sudah mudik dengan tertib, aman dan sehat,” ungkap Dedi.

Ketika arus balik, dihimbau agar masyarakat mengupdate informasi-informasi terkait situasi di jalan atau rute yang hendak dilalui, dan tetap disiplin protokol kesehatan,” kata mantan Kapolda Kalimantan Tengah ini.(***)

Komentar