Kadisdik DR.Carwinda:Para Pelajar Harus Gunakan Medsos Dengan Baik dan Benar

Pendidikan842 Dilihat

BeTimes.id- Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bekasi mengatakan, era digitalisasi tidak bisa dibendung  karena  banyak  menggunakan medsos untuk beraktualisasi diri, sehingga para guru, kepala sekolah harus berperan  menyampaikan koridor-koridor dan aturan yang bertanggung jawab.

DR.Carwinda pun mengingatkan para pelajar supaya  menggunakan media sosial (medsos) dengan baik dan benar, katanya dalam kegiatan Literasi Digital Segmen Pendidikan Wilayah Provinsi Jabar tahun 2022 di Gedung Graha Pariwisata, Komplek Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Kamis (25/08). 

Kegiatan literasi digital yang diawali dengan ikrar agar para peserta menggunakan medsos dengan bijak dan bertanggung jawab. Sehingga memberikan masukan kepada para tenaga pengajar agar memahami cara penggunaan medsos yang benar.

“Banyak narasumber, para pakar bidang medsos, akan mendapatkan masukan bagimana kita memberikan pemahaman dan pendidikan anak-anak, boleh menggunakan medos, tetapi dengan cara, konten yang baik dan positif,” katanya.

Para peserta seminar tersebut bisa mengetahui, sehingga tidak membuat konten yang mengarah kepada pelanggaran hukum dan mengantisipasi banyaknya konten negatif tersebut. 

“Konten yang menyerang, mengganggu orang lain, apalagi mengganggu NKRI itu jangan dibiarkan dan jangan dikasih like dan komentar,” katanya. 

Mantan Asisten Daerah (Asda) ini mengatakan, medsos harus digunakan dengan baik dan benar dan tak lepas dari pendidikan karakter, sedangkan siswa diharapkan dapat menggunakan medos dengan mengedepankan kesopanan dan kesantunan. 

“Jadi literasi digital itu, tidak lepas dari pendidikan karakter dan tidak boleh lepas dari pendidikan di tengah-tengah masyarakat,” tambahnya.

Menurut Carwinda, literasi digitalisasi sudah masuk pada proses belajar mengajar di Kabupaten Bekasi, seperti  anak-anak sudah dapat menggunakan audio box dalam proses belajar mengajarnya. 

“Bahkan guru sudah menggunakan google crome, literasi digital, anak-anak  sudah bisa mengenal menggunakan konten, bahkan guru juga dapat menyampaikan pelajaran dengan,” tandasnya. (***)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, DR.Carwinda dan peserta Literasi Digital Segmen Pendidikan Wilayah Provinsi Jabar tahun 2022

Komentar