Deputi II KSP Datangi Masyarakat Sihaporas yang Berkonflik dengan PT. TPL

Uncategorized896 Dilihat

BeTimes.id – Deputi II Kantor Staf Presiden Abetnego Tarigan dan Tim Agraria Kedeputian II Kantor Staf Presiden mengadakan kunjungan kerja ke Desa Sihaporas Simalungun, Jumat, 2 September 2022, guna mendapatkan informasi dan fakta lapangan terkait konflik antara masyarakat yang berada dalam area konsesi PT Toba Pulp Lestari (TPL).

Kunjungan Deputi II KSP Abetnego Tarigan didampingi Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Kapolres Simalungun AKBP Ronald Fredy C Sipayung, Kasintel Korem 022/Pantai Timur Letkol Infantri Ali Siregar, Kasdim 0207/SML Mayor Infantri Margana, Kasat Intelkam Polres Simalungun Iptu Teguh, Danramil 17/Simalungun Kapten Inf. Simatupang, Kapolsek Sidamanik Akp Eli Nababan.

Perwakilan warga hadir Pangulu Sihaporas Jaulahan Ambarita dan disambut baik secara adat oleh Tokoh Masyarakat Jonny Ambarita, Saul Ambarita, Judin Ambarita, Mangitua Ambarita, dan Segenap Masyarakat Adat Lamtoras Sihaporas dan Roganda Simanjuntak Kordinator AMAN Nasional Wilayah Tanah Batak.

Dalam kunjungannya Abetnego Tarigan bahwa KSP sedang mengawal percepatan penyelesaian konflik di Kawasan konsesi PT TPL baik terkait konflik agraria, usulan hutan adat dan isu lingkungan. Deputi menyampaikan harapan kepada Bupati Simalungun, dan aparat keamanan tercipta situasi yang kondusif.

Terkait Usulan penetapan Tanah Adat, Deputi II KSP mengungkapkan perlu melakukan kajian dan pendekatan lapangan mengenai asal usul perkampungan Sihaporas untuk diungkapkan secara transparan tidak boleh ada yang di ditutup tutupi. “Nanti terkait Kawasan-kawasan mana saja yang menjadi sumber kehidupan dan area penopang bagi Masyarakat Sihaporas akan coba kita dalami untuk disampaikan ke kementerian terkait,”Ujar Abetnego Tarigan dalam keterangan rilisnya, Jumat (9/9).

“Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak/Ibu sekalian atas penyambutan kami disini, dan ini pertama sekalai saya datang kesini, Untuk itu saya senang sekali bisa bertemu Bapak/Ibu,” tandas Abetnego.

Kegiatan Pertemuan Deputi II Staf Presiden bersama dengan Forkopimda Kabupaten Simalungun dan masyarakat Sihaporas bertempat di Bagas Godang Lembaga Adat Keturunan Ompung Mamontang laut Ambarita Sihaporas (Lamtoras) Dusun Lumban Ambarita / Nagori Sihaporas Kecamatan Pamatang Sidamanik Kabupaten Simalungun, Jumat(2/9) lalu.

Usai bersilahturahmi dan disuguhi makanan tradisional, rombongan Bupati Simalungun, Deputy II KSP bersama masyarakat mengunjungi lokasi umbul air dan mengambil titik Koordinat lokasi umbul air yang dimohonkan warga untuk dilindungi di Dekat Konsesi HTI Toba Pulp Lestari. (Ralian)

Komentar