13 Kader Jumantik Kampung Rawa Sam Lakukan Gerakan PSN

Umum371 Dilihat

Kader Jumantik memeriksa genangan genangan nyamuk di bak mandi, bersama dengan Lurah Kampung Rawa Ferry Zahrudin

BeTimes.id – Sebanyak 13 kader jumantik Rw.01 Kelurahan Kampung Rawa, Johar baru, Jakarta Pusat sambangi warga dari pintu ke pintu (door to door) untuk melakukan gerakan Pembasmian Sarang Nyamuk.

Lurah Kampung Rawa Ferry Zahrudin mengatakan saat ini kami sedang melakukan gerakan pembasmian sarang nyamuk (PSN) di wilayah RW.01.

Menurutnya, merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).“Kader jumantik disini sangat inovatif dan penuh tanggung jawab sehingga di wilayah ini zero kasus DBD, “ kata Ferry didampingi Kasi Kesra Kelurahan Kampung Rawa, Saminem saat memantau gerakan PSN di Rw.01, Jumat (16/12).

Ia menjelaskan, pelaksanaan PSN di wilayah Kampung Rawa di lakukan seminggu dua kali yakni setiap hari Selasa dan Jum’at. Saat ini kegiatan PSN di Rw.01 mereka berkeliling dari satu rumah ke rumah sesuai dengan tugasnya masing-masing mulai dari Rt.01 sampai Rt.013.Sekitar, 13 kader jumantik menyebar di 13 Rt untuk melakukan door to door setiap rumah untuk memastikan apakah ada jentik nyamuk di rumah yang di kunjungi untuk dilaporkan dan dikumpulkan pada hari itu juga dan dikirim ke kecamatan untuk sebagai bahan evaluasi.

Dari hasil pantauan tim jumantik tidak ditemukan adanya jentik nyamuk aedes aegepty di wilayah Rw.01. Pasalnya, lanjut dia, penyakit DBD bisa dicegah sejak dini dan warga bisa berpartisipasi dengan pemerintah dalam melakukan PSN.Koordinator Jumantik Rw.01, Elvy Sumari menjelaskan, keberhasilannya dalam menekan angka kasus DBD di wilayah Rw.01 kita selalu kompak dengan kader jumantik lainnya.

PSN dilakukan dua kali dalam seminggu, kader jumantik harus datang ke rumah masing-masing warga dan kita harus cerewet dan bawel untuk mengingatkan warga agar selalu melakukan PSN.“Alhamdulillah, berkat kekompakan dan kebawelan kita, kasus DBD di wilayah Rw.01 zero atau nol kasus, “ imbuhnya. (Ralian)

Komentar