3 Mantan Ketua Umum Dukung Wadik Terpilih Kembali Pimpin GAMKI

Nasional262 Dilihat

BeTimes.id – Tiga mantan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) diantaranya, Michael Wattimena, Sahat HMT Sinaga dan Dating Palembangan sepakat kepemimpinan Willem Wandik masih dibutuhkan dalam berkelanjutan GAMKI sebagai organisasi pemuda gereja di Indonesia.

Ketua Umum DPP GAMKI periode 2015-2019 Michael Wattimena tiga kali di acara yang berbeda menyebut, putra asli Papua itu masih dibutuhkan untuk membawa organisasi bermoto Era Et Labora ini empat tahun ke depan.

Michael dengan menggunakan pantun pada acara pembukaan Kongres XII GAMKI mengajak para peserta Kongres dari seluruh Indonesia untuk memilih putra asal Papua itu.

“Berapat-rapat menuju gereja Maranata, satukan hati niscaya-caya. Bila Ingin GAMKI tetap berjaya, Pilihannya hanya satu. Willem Wandik yang dipercaya,” kata Michael Wattimena, di acara pembukaan Kongres XII GAMKI, Christiani Center, Ambon, baru-baru ini.

Michael, yang juga menjabat Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) ini menegaskan dukungannya di depan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, tamu undangan dan ribuan peserta kongres.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP GAMKI Periode 2003-2007, Sahat HMT Sinaga mengapresiasi kepemimpinan Willem Wandik, selama memimpin GAMKI. Menurutnya, sosok Wandik layak untuk memimpin kembali organisasi kepemudaan Kristen itu.

“Saya mengapresiasi kepemimpinan beliau (Willem Wandik-red). Apalagi kongres GAMKI sampai saat ini bergulir dengan baik. Program GAMKI juga berjalan dengan baik, dan dirasakan diberbagai daerah,”kata Sahat Sinaga, dalam keterangan persnya, Jumat (5/5/2023).

Sahat juga optimis, Wandik akan mampu menghadirkan GAMKI di 500 kabupaten/kota. “Apalagi selama ini Wandik memimpin GAMKI dengan tulus,” tambah mantan Sekretaris Jenderal Partai Damai Sejahtera (PDS) itu.

Ketua Umum DPP GAMKI Periode 2007-2011 Dating Palembangan mengatakan, untuk memimpin organisasi Ora Et Labora harus memiliki tanggung jawab yang sangat besar.

“Tanggung jawab sebagai ketua itu besar, jangan memanfaatkan organisasi GAMKI untuk kepentingan pribadi,”kata Sekretaris Jenderal Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) itu, Selasa (16/5/2023).

Dating mengatakan, bila Wandik maju adalah sesuatu yang luar biasa yang dilakukan, bukan mengejar posisi jabatan namun lebih dari pengabdian. Pasalnya, putra asal Papua itu setumpuk jabatan yang diembannya.

“Apalagi yang dikejar di GAMKI. Kesibukkannya sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat sangat luar biasa, selama ini di GAMKI Wandik (Willem Wandik) lebih pengabdian. Berbagai jaringan yang dimiliki Wandik sangat membantu perjalanan organisasi GAMKI selama ini,”imbuh Putra Toraja itu.

Sebelum menjabat Ketua Umum DPP GAMKI, Wandik dipercaya menjabat Bendahara Umum DPPD GAMKI periode 2015-2019.

Wandik menjabat juga salah satu Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Tersandungnya Gubernur Papua Lukas Enembe terkait korupsi, akhirnya Partai Demokrat memerintahkan Wandik mengganti Lukas Enembe sebagai Plt. Ketua DPD Partai Demokrat Papua.

Lebih lanjut, Dating mengatakan, di arena kongres silahkan para calon ketua umum maju.”
Kita tidak ingin membatasi orang sebagai ketua umum, namun GAMKI dengan ketinggian seperti ini harus mempertimbangkan sosok ketua umum yang mampu membawa organisasi kepemudaan ini ke kancah nasional, apalagi sumber-sumber GAMKI berdasarkan sumber sosial. Jangan sampai GAMKI mati suri,”tukasnya.

Dating menuturkan, ke depan GAMKI harus menjadi rumah besar pemuda Kristen di Indonesia sehingga warga gereja merasa memiliki GAMKI sebagai wadah yang dapat tempat mengaktualisasikan diri dengan baik.

“Para kader GAMKI harus menghayati nilai-nilai organisasi, sudah banyak warga gereka ingin bergabung ke GAMKI. ketika seorang kader sudah selesai kepengurusan dia masih memiliki nilai-nilai GAMKI yang dibawanya di masyarakat dan gereja,”tuturnya (Ralian)

Komentar