Tanamkan Sikap Nasionalisme dan Junjung Tinggi Toleransi, Tri Adhianto Roadshow Kebhinekaan di SMAN 6

Pendidikan668 Dilihat

BeTimes.id — Pelaksana tugas (Plt) Walikota Bekasi, Tri Adhianto, dan Detasemen Khusus (Densus 88) Anti Terror Polri, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) serta Setara Institute menggelar Roadshow Kebhinekaan berkeliling ke sekolah-sekolah.

Kunjungan tersebut bertujuan menanamkan sikap nasionalisme dan rasa junjung tinggi terhadap asas-asas kebhinekaan kepada para peserta didik. Kunjungan tersebut di SMA Negeri 6 Kota Bekasi di Kecamatan Bekasi Selatan, Selasa (20/6/23).

Tampak terlihat kehadiran para narasumber disambut hangat oleh Tim Ultras SMA 6 dengan sangat antusias.

Roadshow kali ini lebih mengumpulkan perwakilan dari guru-guru sekolah swasta dan tidak berfokus hanya kepada peserta didik. Alasannya, peran guru dianggap sangat berpengaruh terhadap perkembangan peserta didik.

Menurut Tri Adhianto, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan sikap nasionalisme kepada peserta didik dan sinergitas guru dengan pemerintah.

Kegiatan ini kata Tri, sangat diperlukan dalam mewujudkan situasi dan kondisi Kota Bekasi yang harmonis dan toleran agar terjalin antara guru dengan peserta didik untuk terhindar dari paham-paham radikalisme dengan menyampaikan kepada mereka ajaran-ajaran dalam empat pilar kebangsaan.

“Empat pilar kebangsaan, yakni; Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika yang mengajarkan kita bahwa Indonesia terdiri atas banyak pulau, dengan berbagai suku, ras, agama, maka penting bagi semua warga Negara Indonesia untuk memperkuat dan mempertahankan keutuhan NKRI dengan menjaga persatuan Indonesia,” ucap Tri.

Ia menyampaikan bahwa Kota Bekasi telah mendapatkan penghargaan Kota Toleran peringkat ke tiga, suatu prestasi yang membanggakan yang harus secara komitment bersama untuk ditingkatkan.

“Berkat bapak ibu sekalian dan kita semua, Kota Bekasi mendapat penghargaan sebagai kota yang toleran peringkat ke tiga, ini sangat membanggakan bagi kita, harus kita jaga kerukunan ini, kita komitment untuk saling menjaga antar sesama dan kita tingkatkan lagi prestasi ini,” jelasnya.

Usai memberikan sambutan, ia meminta dan mengajak seluruh peserta yang hadir menyanyikan lagu tanah airku ciptaan Ibu Soed, sebagai refleksi pemupukan rasa mencintai tanah air. (Adv/hum)

Komentar