Percepatan Tanam Padi di Kabupaten Bekasi Upaya Antisipasi Dampak El-Nino

Pemerintahan432 Dilihat

BeTimes.id–Program percepatan tanam yang  dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi di Kecamatan Cikarang Barat, Muaragembong dan Kedungwaringin untuk mengantisipasi puncak kemarau sebagai dampak El-Nino di daerah ini. 

“Selain percepatan tanam, juga gerakan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) sebagai antisipasi dampak perubahan iklim ini,” kata Subkoordinator Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dodo Hadi Triwardoyo di kantornya, Selasa (29/8).

Dikatakan, gerakan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman digencarkan seperti di Desa Karangharum Kecamatan Pebayuran untuk mengantisipasi serangan pada tanaman padi. 

“Pengendalian OPT seperti tikus, karena selain dampak kekeringan, perubahan iklim juga mempengaruhi perkembangan OPT. Ada beberapa OPT yang kondisi kelembabannya tinggi dapat berkembang dan menyerang padi,” tuturnya.

Dodo menambahkan, dilaksanakan juga normalisasi sungai melalui lintas perangkat daerah agar pengairan ke sawah dapat berjalan dengan lancar.

“Ya, terkait perbaikan irigasi, Dinas Pertanian tidak sendiri, kita berkoordinasi dengan PSDA, PJT II dan BBWS sesuai dengan kewenangan berdasarkan Permen PUPR,” pungkasnya.(***)

Komentar