Lifter Nasional Lisa Rumbewas Peraih Medali Olimpiade Beijing Meninggal Dunia

Uncategorized550 Dilihat

“Saya setuju usulan mengganti nama GOR Waringin dengan nama GOR Lisa Rumbewas. Lisa Rumbewas adalah seorang atlit putri Papua yang mengharumkan nama Papua di tingkat lokal, nasional dan internasional melalui cabang olahraga angkat besi,” kata Theo Sitokdana, tokoh muda tanah Papua kelahiran Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

“Kita sampaikan secara terbuka agar Pemerintah Provinsi Papua mempertimbangkan mengabadikan nama Lisa Rumbewas menjadi nama GOR Waringin,” kata Ruben Benyamin Gwijangge.

Lisa Rumbewas lahir 10 September 1980. Ia putri pasangan Levi Rumbewas dan Ida Korwa. Kedua orangtuanya adalah pasutri atlet di masanya. Levi adalah binaragawan terkenal.

Sedang sang bunda, Ida adalah atlet angkat besi. Talenta ibunda mengalir juga ke Lisa Rumbewas hingga akhirnya tercatat sebagai atlit dengan jam terbang global dengan raihan prestasi membanggakan dan mengharumkan.

Namun, pada Minggu (14/1) dini hari ziarah hidup Liza Rumewas berujung setelah maut menjemputnya dalam usia 44 tahun.

“Tanah Papua butuh waktu yang lama untuk melahirkan atlit seperti almarhumah Lisa Rumbewas. Semoga ada penghormatan dari seluruh Pemda di tanah Papua, termasuk mengibarkan bendera setengah tiang untuk menghormati perjuangan almarhumah bagi negara,” ujar tokoh Papua Anthonius Mathius Ayorbaba. (dav)

Komentar