Pj Bupati Bekasi  Kadis Pertanian Canangkan Benih Varietas Padi Lokal Pusaka Bhagasasi

Pemerintahan40 Dilihat

 Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan melakukan penanaman benih varietas padi lokal Pusaka Bhagasasi

BeTimes.id–Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan didampingi Kepala Dinas Pertanian, Abdillah Majid mencanangkan benih varietas padi lokal Pusaka Bhagasasi di Kantor UPTD Balai Benih Kampung Tambun, Desa Karangharja, Kecamatan Pebayuran,  Senin (04/03/2024).

Varietas padi lokal Pusaka Bhagasasi ini diharapkan bisa menjadi trademark Kabupaten Bekasi dan menjadi salah satu strategi menjaga kedaulatan pangan, memperkokoh peran dan kedudukan serta meningkatkan kontribusi daerah ini sebagai lumbung pangan di Jawa Barat.

“Diharapkan ke depannya bisa dikembangkan kualitasnya menjadi kategori sebagai beras premium, agar harganya menguntungkan para Petani serta menjadi trademark Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Ditambahkan, sebagai upaya mendukung pengembangan benih lokal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pertanian akan memberikan Asuransi Panen bagi para petani yang menggunakan varietas padi lokal Pusaka Bhagasasi.

” Petani yang menggunakan bibit Pusaka Bhagasasi akan dilengkapi asuransi yang dibayar  Dinas Pertanian. Artinya kalau sampai gagal panen, ini bisa diganti dengan asuransi yang preminya nanti dibayar  pemerintah,” tambahnya.

Selain itu, Pemkab Bekasi juga akan mengembangkan Varietas Beras Merah yang berasal dari wilayah Kecamatan Bojongmangu. Varietas ini merupakan temuan yang akan dikembangkan selanjutnya.

“Varietas ini bisa bertahan terhadap cuaca kering dan hujan, sehingga cukup memberi  harapan dan juga mendorong Dinas Pertanian  dibantu  Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) agar Beras Merah Bojongmangu ini bisa menjadi varietas lokal berikutnya,” tuturnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Abdillah Majid menjelaskan, Benih Varietas Padi Lokal Pusaka Bhagasasi merupakan hasil karya dan kerja keras yang dilakukan  Untung Mursidi, Ketua Kelompok Tani (Poktan) Karya Bakti Desa Mekarjaya, Kecamatan Kedungwaringin yang ingin agar Kabupaten Bekasi memiliki salah satu varietas unggulan lokal yang menjadi icon.

“Untuk pencanangan benih varietas lokal pusaka bhagasasi ini merupakan penanaman perdana atau percontohan awal di Kabupaten Bekasi. Dimana Untung Mursidi  sejak tahun 2012 telah menemukannya, tapi baru tahun ini dicanangkan,” ujarnya.

Adapun keunggulan pada benih varietas padi lokal Pusaka Bhagasasi ini di antaranya tahan hama, produksi tinggi, tahan rebah serta memiliki masa tanam cepat. Benih lokal ini akan menjadi awal peningkatan produksi benih di Kabupaten Bekasi.

“Untuk lokasi uji coba penanamannya ada sekitar 6 hektar dari total lahan balai benih 12 hektar. Mudah-mudahan  benih ini berhasil, sehingga akan melakukan pencanangan lagi dan melihat sejauhmana hasilnya,” tambahnya.

Hasil ini, merupakan tindak lanjut bersama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bekasi, BRIN serta melibatkan Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian.

Dan melalui pencanangan ini, para petani bisa menanam benih yang saat ini kita laksanakan,” tandasnya. (***)

Komentar