Pemerintah Desa Muktiwari Bersihkan Sampah dan Enceng Gondok dari Kali Ceger

Pemerintahan45 Dilihat

Camat Cibitung Encun Sunarto didampingi Kepala Desa Muktiwari Bahrudin meninjau pelaksanaan normalisasi sungai Kali Ceger


BeTimes.id–Pengangkatan sampah dan eceng gondok di aliran Kali Ceger meter menyusul Kali Cangkring sepanjang 1.000  dilakukan aparatur Desa Muktiwari dan  masyarakat didukung Pemerintah Kecamatan Cibitung untuk memperlancar debit air sungai menuju area lahan pertanian.

Camat Cibitung Encun Sunarto mengatakan, pihaknya melakukan koordinasi dengan dinas terkait agar bisa mengerahkan alat berat excavator ke-lokasi tersebut. Normalisasi juga melibatkan unsur TNI-POLRI bersama jajaran perangkat desa, Kadus, RT/RW dan unsur lainnya.

“Sampah yang menimbun di bawah jembatan Kali Ceger Desa Muktiwari, dikoordinasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi untuk mengerahkan mobil pengangkut sampah,” katanya.

Ini menindak lanjuti laporan dari masyarakat terkait tumpukkan sampah di Kali Ceger di depan perumahan Grand Mutiara Muktiwari, tambahnya.

Hulu Kali Ceger ini berasal dari wilayah Desa Kertamukti kemudian melintasi Desa Muktiwari menuju Kali Wates Desa Sarimukti hingga ke Kecamatan Tambelang. Di sepanjang Kali Ceger juga sudah dipadati permukiman penduduk dan sebagai tempat akhir pembuangan air limbah rumah tangga.

“Sekitar daerah sini sudah padat permukiman masyarakat perumahan dan sekarang sudah masuk musim penghujan, mudah-mudahan dengan pengangkatan sampah ini airnya menjadi lancar dan tidak ada sumbatan,” harap Encun Sunarto.


Selain itu, pihaknya bersama pemerintah desa juga telah melaksanakan normalisasi Kali Cangkring dengan target sepanjang 1.000 meter dan sudah diselesaikan sejauh 670 meter. Untuk normalisasi Kali Cangkring mendapat dukungan alat berat dari Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi Kabupaten Bekasi atas rekomendasi dari Pj Bupati Bekasi.


“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pak. Bupati Bekasi, Kami pemerintah kecamatan bersama-sama swadaya masyarakat melaksanakan kegiatan normalisasi ini dan alhamdulillah hasilnya sangat bagus,” ucapnya.

Melalui kegiatan tersebut, Camat Cibitung berharap aliran sungai yang berada di Desa Muktiwari ini bisa melintas dengan lancar kemudian dapat mengaliri lahan-lahan persawahan. Di mana Desa Muktiwari dan Sarimukti masih terdapat area pertanian, selain itu dirinya juga menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarang di bantaran sungai.

Sementara itu Kepala Desa Muktiwari Bahrudin mengatakan kegiatan normalisasi Kali Ceger ini bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, anggota TNI-Polri, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) kecamatan dan desa serta jajaran perangkat desa, pihaknya mengapresiasi seluruh elemen yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Kami pihak desa sesuai arahan Pak. Bupati Bekasi yang bekerjasama dengan dinas-dinas terkait sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, mudahan-mudahan dengan adanya pengerukan seperti ini masyarakat sekitar apabila turun hujan akan terhindar dari adanya banjir,” Ucapnya.

Disisi lain, untuk normalisasi Kali Cangkring Bahrudin menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sudah berjalan dari tanggal 13 Maret 2024 dan sudah dikerjakan sepanjang 670 meter, dan saat ini kondisi bantaran Kali Cangkring kembali normal.

“Dengan adanya normalisasi tersebut bisa membantu limbah dari permukiman warga juga lahan pertanian karena air bejalan lancar,” katanya. (***)

Komentar