PGI Ingatkan Rayakan Paskah dan Ramadhan di Indonesia Harus Dimaknasi Sebuah Anugerah

Uncategorized134 Dilihat

BeTimes.id–Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyebut, ketika para pendiri bangsa memproklamirkan kemerdekaan, ada kesadaran bahwa kemerdekaan yang diraih merupakan anugerah atau rahmat Tuhan semata.

Dalam kerangka itu, negara harus mengisi perjalanan bangsa ini, yang adalah sebuah anugerah. Jika saat ini Indonesia sebagai negara dapat merayakan Paskah bersamaan dengan Ramadhan itu juga sebuah anugerah.

Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom mengatakan Indonesia sebagai anugerah Tuhan maka ditengah kepelbagaian yang ada, harus diisi dengan kebaikan-kebaikan. “Paskah itu intinya pengorbanan Kristus demi keselamatan umat manusia. Bagaimana kita berkorban, berbagi dengan masyarakat bangsa ini. Kalau kita masing-masing hanya mengedepankan keinginan, kemauan sendiri, bangsa ini akan hancur lebur,” tegas Gomar dalam diskusi bertajuk Tuntunan Berbangsa, di acara Visi Negarawan MetroTV, dialog rutin dalam rangka memecahkan berbagai persoalan bangsa, yang dikutip dari laman PGI, Senin (1/4).

Selain itu, lanjut Gomar, jika kehadiran bangsa ini sebagai anugerah, maka dalam kehidupan beragama dan berbangsa harus ada semacam kerelaan berkorban serta berbagi kepada seluruh umat. Hal ini juga menjadi inti dari perayaan Ramadhan.

“Saya kira Ramadhan juga intinya seperti itu. Berpuasa menahan diri sekaligus berbagi, peduli dengan yang lain. Baik Paskah maupun Ramadhan didalamnya ada rasa syukur atas anugerah Tuhan, dan dengan itu kita merawat bangsa ini. Kita berbagi, dengan orang serta kelompok yang berbeda,” tandasnya.

Komentar