MTQ ke-38 Jabar di Kabupaten Bekasi Memiliki Dampak Positif Bagi Masyarakat

Peristiwa123 Dilihat

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan hadir di podcast IKP Talks yang disiarkan channel youtube Wibawamukti TV Diskominfosantik Kabupaten yang dipandu host Bayu Nugraha.

BeTimes.id–Dipilihnya Kabupaten Bekasi sebagai tuan rumah MTQ ke-38 tingkat Jawa Barat ¬†dari 27 April-4 Mei 2024, memiliki nilai strategis yang memberikan dampak positif untuk masyarakat dan pemerintah daerah.¬†

Nilai strategis ke dalam, tentu dengan satu minggu  MTQ Jawa Barat di daerah ini akan menggemakan semangat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Al-Quran di tengah masyarakat, saat ini dan seterusnya,” kata Dani Ramdan saat menjadi narasumber di acara Podcast IKP Talks Wibawamukti TV Dinas Kominfosantik Kabupaten Bekasi. 

Dengan pelaksanaan MTQ ini, bisa menampilkan sisi kehidupan religiusitas masyarakat. Karena selama ini Kabupaten Bekasi lebih dikenal sebagai masyarakat industri, pusat industri nasional, padahal di balik itu kehidupan masyarakatnya  sangat religius dan mencintai nilai-nilai Al-Quran. 

“Sehingga masyarakat dari berbagai Kabupaten kota di Jawa Barat, bahkan nasional, bisa melihat bagaimana warga Kabupaten Bekasi menjaga keseimbangan antara kehidupan duniawi dan ukhrawi melalui seni baca Al-Quran,” terangnya. 

Selain itu, Dani Ramdan melihat, pelaksanaan MTQ ke-38 Jawa Barat di Kabupaten Bekasi juga berdampak terhadap perputaran roda perekonomian di masyarakat. 

“Dengan kedatangan hampir 5.000 peserta dari 26 Kabupaten kota di Jawa Barat, baik peserta, juri, pembina dan supporter, maka tingkat hunian hotel akan penuh, restoran, rumah makan, perusahaan catering, rental kendaraan dan tempat wisata, dapat menjual produk dan jasanya, termasuk meningkatkan pendapatan daerah,” terangnya. 

Tak hanya itu, dengan kehadiran ribuan kafilah MTQ di Kabupaten Bekasi, para pelaku UMKM juga dapat memamerkan dan menjual produknya kepada para pengunjung. 

“Makanya di lokasi-lokasi venue MTQ ini kita juga selenggarakan Bazaar, pameran produk unggulan UMKM Kabupaten Bekasi, sehingga ini pun punya nilai ekonomi yang tinggi,” ujarnya. 

Dani Ramdan juga menyebutkan, salah satu keunikan dari MTQ Jabar di Kabupaten Bekasi yakni ada sesi kunjungan wisata industri gratis bagi para kafilah MTQ dari kabupaten kota lain di Jawa Barat. 

“Karena sekarang kita sedang menggiatkan dan mempromosikan wisata industri, maka ada berbagai pabrik di kawasan industri, baik otomotif, makanan, pakaian, dan elektronik yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi para kafilah,” ungkapnya. (***) 


Komentar