Petani di 44 Desa, Dapat Bantuan Pemkab Bekasi

Pemerintahan78 Dilihat

Bantuan pompa air bagi petani di 44 Desa kabupaten Bekasi

BeTimes.id–Pemerintah Kabupaten Bekasi menyerahkan bantuan pompa air sebanyak 52 unit untuk kelompok tani dari 44 desa dan 21 kecamatan.

Penyerahan secara simbolis diberikan Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan bersama Danrem 051/Wijayakarta, Brigjen Riyanto dan perwakilan Ditjen Pertanian di Gudang Alsinta Distan Desa Karangsambung, Jumat (17/5).

Bantuan itu dari Direktorat Jendral (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian yaitu 52 unit terdiri dari pompa air 3 inci sebanyak 25 unit, pompa air 4 inci sebanyak 20 unit dan pompa air 6 inci sebanyak 7 unit.

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan Kabupaten Bekasi saat ini masih dalam ancaman kerawanan pangan. Salah satu faktor dampak dari perubahan iklim dan kondisi geopolitik dunia serta ancaman dampak perubahan iklim yang akan datang.

“Karena itu, perlu menjaga dan tetap berusaha menyediakan kebutuhan pangan, dengan menambah luas komoditas tanaman pangan,” ujarnya.

Ditambahkan, memanfaatkan sumber daya seperti melakukan optimalisasi lahan dan melakukan pompanisasi serta perluasan areal tanam.

“Bantuan ini bentuk perhatian pemerintah dengan upaya dalam memenuhi kebutuhan dan kontribusi ketersediaan pangan nasional,” tuturnya.

Ia berharap pompa air ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan pertanian, sehingga dapat meningkatkan luas tambah tanam.dan melampaui target dari Kementerian Pertanian.

Danrem 051/Wijayakarta, Brigjen Riyanto mengatakan, bantuan ini menjadi langkah positif sehingga diharapkan bisa menjadi daya dorong untuk menambah produksi pangan di Kabupaten Bekasi.”Para petani tidak usah ragu, petani sudah jadi pahlawan untuk menyiapkan sumber pangan.

Memotivasi dengan cara memberi contoh melakukan terobosan-terobosan. Supaya budaya bertani bisa bergairah, sehingga produk pangan di Kabupaten Bekasi akan terus meningkat,” jelasny.

“Kita berharap kalau bisa IP dari 100 dan 200 bisa menjadi 400, sehingga kebutuhan pangan kita terutama padi atau komoditi lainnya akan meningkat,” harapnya.

Sekeretaris Dinas Pertanian, Nayu Kulsum menambahkan, penerimaan bantuan pompa air ini ialah kelompok tani yang mempunyai potensi untuk meningkatkan intensitas pertanaman (IP) yang terdiri dari 52 kelompok tani berasal dari 44 desa dan 21 kecamatan se-Kabupaten Bekasi.

“Berdasarkan realisasi capaian luas tambah tanam yang sudah dilaksanakan mulai pompanisasi ini sudah mencapai 8.163 hektar dari sasaran 4.964 HA atau 164 persen dari sasaran,” tuturnya.(adv)

Komentar