Badan Kesbangpol Fasilitasi Ormas Islam Perkuat Ideologi Kebangsaan

Politik156 Dilihat

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menghadiri Seminar Kebangsaan, dan Upgrading Kader Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kabupaten Bekasi.

BeTimes.id–Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) memfasilitasi Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam untuk memperkuat ideologi dan wawasan kebangsaan di Hotel Grand Cikarang Jababeka, Jumat (18/5).

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, pemerintah daerah dan pusat wajib mengayomi memfasilitasi kegiatan organisasi masyarakat. Baik dalam keagamaan maupun non-keagamaan sesuai dengan amanat Undang-undang.

“Kegiatan yang sudah tertata di DPA ataupun mendapatkan dana hibah yang  disediakan Pemkab Bekasi,” kata Dani Ramdan.

Dani Ramdan mencontohkan seperti NU yang banyak berkiprah untuk membangun Indonesia maupun daerah dengan ideologi yang sudah tertanam seperti wawasan kebangsaan.

“Maka dari itu Insyaallah Pengurus Cabang (PC) Nadhlatul Ulama Kabupaten Bekasi sudah mempunyai program membangun pendidikan, kesehatan Kita coba bantu di APBD 2025,” katanya.

Pemkab Bekasi juga akan mengajak dunia usaha membantu NU serta Ormas Islam lainnya untuk terus mendukung program kesejahteraan masyarakat. Di antaranya melalui Corporate Social Responsibility (CSR), swadaya masyarakat ataupun Baznas, nanti kita coba,” katanya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bekasi Encep Supriatin Jaya menambah, kegiatan merupakan pertama kali untuk memberikan serta memfasilitasi Ormas Islam di antaranya PC NU Kabupaten Bekasi.

“Selanjutnya nanti kita bergilir, bukannya hanya NU saja, melainkan Muhammadiyah, LDII, DII serta yang lainya,” terangnya.

Encep menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk perkuat persatuan kebangsaan.

“Ya, karena organisasi kemasyarakatan merupakan potensi kolektif yang harus dikelola sehingga tetap menjadi energi positif dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tutupnya. (***)

Komentar