Penyuluh Agama Kristen Sosialisasikan Pelestarian Lingkungan

Pendidikan151 Dilihat

BeTimes.id–Penyuluh agama Kristen, Ayub D.T. Tampubolon, MTh (Penyuluh Ahli Madya) mensosialisasikan pelestarian lingkungan hidup kepada kelompok binaan dan gereja-gereja/rumah ibadat, sekaligus penanaman pohon di beberapa tempat di Kabupaten Bekasi.

Penyuluhan ini, sesuai Surat Edaran Menteri Agama RI No. 2 Tahun 2024. Penyuluh agama dan penghulu diharapkan berperan aktif dalam melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai pencegahan dan percepatan penurunan angka stunting, penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi, dan pelestarian lingkungan hidup.

Untuk itu, kepala kantor wilayah kementerian agama provinsi, kepala kantor kementerian agama kabupaten/kota, dan kepala KUA kecamatan diinstruksikan untuk melakukan pembinaan, monitoring, dan pelaporan atas kegiatan dimaksud sebagai bagian dari pelaksanaan tugas dan fungsi mereka.

Dalam sosialisasinya, muncul ide untuk mengadakan lomba gereja bersih ramah lingkungan hidup, juga agar manajemen dan administrasi gereja lebih tertata.Lomba gereja bersih ramah lingkungan hidup ini memiliki tiga kategori: gereja/rumah ibadat di perumahan-kaplingan, ruko-ruko, dan gedung sendiri/IMB.

Pdt. Aguston T, SE, MTh dari PGLII menyatakan bahwa lomba ini membawa perubahan positif sejak satu setengah tahun kehadiran penyuluh agama Kristen di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi.

Komentar