Ketua Komisi I DPRD Ani Rukmini Apresiasi Terobosan Disdukcapil Kabupaten Bekasi

Opini384 Dilihat

KETUA Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi Ani Rukmini mangapresiasi berbagai terobosan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk memberikan kemudahan pelayanan. Walau, masih perlu pembenahan sebagaimana diharapkan, karena masyarakat perlu kepastian.

Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, mengatakan adanya kepastian bagi masyarakat, salah satu ukuran keberhasilan Disdukcapil. Misalnya dalam program pembuatan surat penting, harus ada jaminan waktu. Jika bisa 3 hari haruslah tepat waktu, kalau seminggu, maka diharapkan bisa diwujudkan, sehingga masyarakat tidak harus bolak-balik menanyakan penyelesaiannya. “Ini yang penting. “Yang jadi persoalan, masyarakat yang mengurus berbagai surat penting, kalau tidak ada kepastian,” katanya.

Dikatakan, berbagai terobosan seperti antarkan KTP ke alamatnya melalui kantor Pos, sehingga masyarakat tidak perlu mengambil ke kantor Disdukcapil atau Kecamatan. Disdukcapil juga membuka layanan di Gerai Cepat (Gercep) Sentra Grosir Cikarang (SGC), pelayanan mobil keliling, motor keliling, perekaman E-KTP keliling dan KIA keliling.

Komisi I mengapresiasi setiap terobosan yang dilakukan mempermudah pengurusan pelayanan dokumen kependudukan.Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi Hudaya akan terus kita support demi terciptanya pelayan cepat.

Menyinggung satu unit mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) bantuan Kementerian Dalam Negeri yang diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak melakukan pencetakan KTP Elektronik, Kartu Keluarga, maupun dokumen lainnya, harus diapresiasi. Hanya yang perlu dilakukan, karena ADM itu memerlukan teknisi dan operator yang mengoperasikannya. Sebab, masih banyak gagap teknologi (gaptek). Jika dibiarkan masyarakat langsung tanpa operator, dikhawatirkan tidak bisa dioperasikan sebagaimana mestinya.

Dan jika ADM ini, semakin mempercepat pelayanan, maka pihaknya akan mendorong agar bisa ditambah. “Kalau memang ada dijual, tidak masalah dianggarkan untuk pengadaannya. Lain hal kalau alat itu hanya dikeluarkan Kemendagri, paling diusulkan penambahannya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan, pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Pelayanan selama ini, tentu masih banyak kekurangan, namun upaya percepatan penyelesaian berbagai surat-surat penting, terus dilakukan. Pelayanan terbaik dan bisa dirasakan masyarakat, merupakan tujuan Disdukcapil,” katanya.

Menyinggung ADM itu, dikatakan lokasinya di Mal Pelayanan Publik Lotter Mart Cikarang Utara dan segera di dapat dioperasikan. ADM itu sendiri merupakan hibah dari Kemendagri dan diharapkan semakin mempercepat pelayanan, katanya. (advertorial)

Komentar