Bagikan berita kami:

Mendagri Tito Karnavian bersama Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menggelar rapat kordinasi di ruang rapat Kantor Bupati Bekasi. (ist)

BeTimes.id-Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menegaskan, Kabupaten Bekasi berperan penting dalam penanganan dan pengendalian Covid-19 secara nasional melihat letak wilayah dan potensi daerah ini.

Penegasan itu disampaikan Mendagri ketika menggelar rapat terbatas membahas penanganan Covid-19 bersama Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan dan unsur Forkopimda, di Kantor Bupati Bekasi, Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, Jumat (23/07).

“Saya datang ke sini selain memberi dukungan dan dorongan moril kepada Pj Bupati Bekasi, sekaligus memberikan penekanan bahwa Kabupaten Bekasi adalah daerah yang sangat penting dalam rangka penanganan dan pengendalian Covid-19 skala nasional,” kata Tito.

Dikatakan, sebagai daerah penunjang ibu kota yang tergabung dalam aglomerasi metropolitan, sehingga keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 dapat mempengaruhi situasi bagi kota dan kabupaten sekitarnya, khususnya ibu kota Jakarta. “Karena banyaknya masyarakat yang mobilitasnya bolak-balik Bekasi-Jakarta dan sekitarnya,” katanya sebagaimana dikutip dari bekasikab.go.id.

Mendagri juga menyebut, daerah ini memiliki persoalan yang cukup kompleks dengan jumlah penduduk yang relatif besar, ditambah dengan kawasan industri yang menjadi rantai suplay nasional.
“Saya juga memberikan arahan mengenai strategi pengendalian pandemi Covid-19 dan pelaksanaan PPKM terkait apa yang harus dilakukan dari hulu hingga hilir,” ucapnya.

Selain itu, kata Tito yang lebih penting adalah, sebagai konsekuensi dari kebijakan PPKM Darurat, pemerintah juga harus memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak.

Tito mengakui keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bekasi menangani pandemi Covid-19 bergantung pada strategi pengendalian dan langkah-langkah efektif yang dilakukan pemerintah daerah khususnya di masa PPKM Darurat.
“Tadi saya sudah mendengar laporan dari Pj Bupati Bekasi terkait penanganan langkah yang dilakukan dalam rangka pengendalian pandemi Covid-19, penerapan PPKM, bantuan sosial dan lainnya,” katanya.

Menanggapi arahan Mendagri, Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan, pihaknya bersama unsur Forkopimda akan segera melakukan pendistribusian bantuan sosial bagi warga yang terdampak.
“Besok kita (Forkopimda) rencanakan untuk pendistribusian bantuan sosial, tadi saya sudah kordinasi untuk meminta data warga yang selama ini belum terdaftar sebagai penerima bantuan sosial agar pendistribusiannya lebih merata,” kata Dani. (adv)


Bagikan berita kami:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *