Banjir Rob Genangi Sejumlah Rumah dan Tambak Pantai Sederhana Muara Gembong

Uncategorized792 Dilihat

BeTimes.id-Banjir rob akibat pasang air laut di kawasan pasisir Muara Gembong, mengakibatkan sejumlah rumah di Desa Pantai Sederhana, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi tergenang sejak Sabtu, 5 Desember 2021 malam.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah memperingatkan potensi naiknya permukaan air laut di sepanjang kawasan pantai utara Indonesia.

Dilansir dari WhatsApp Group Paguyuban Wartawan Bekasi, Minggu, 5 Desember 2021, wartawan media buser Agung mengirimkan video banjir rob di Desa Pantai Sederhana sejak pagi pukul 06.00 WIB mencapai sekitar 50 cm.

Banjir rob tepatnya Desa Pantai Sederhana. “Ikan Bandeng pada lompat,” kata warga yang mengambil video tersebut.

Ditambahkan, banjir juga melanda sebagian Desa Pantaibahagia, Kecamatan Muaragembong yang menggenangi tambak dan pemukiman dekat pantai,” ungkap Agung

Banjir kata Asun, sudah mendekati wilayah Kecamatan Cabangbungin.

Terpisah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi mencatat, ada dua Desa di Kecamatan Muaragembong yang rawan terendam banjir rob.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Henri Lincoln belum lama ini mengatakan, terdapat empat RT yang sering dilanda banjir di wilayah Kecamatan Muaragembong, Bekasi.

Dikatakan, ketinggian air bisa mencapai 20 hingga 30 cm. Masyarakat diminta waspada menyikapi musibah banjir tahunan yang biasa terjadi,” ucapnya.

Kondisi banjir rob biasanya paling lama. Karena memang air dari pasangan laut. Jika air semakin tinggi, maka warga perlu dievakuasi ke tempat yang lebih aman. (***)

Komentar