Selama Ramadhan Dinkes Kota Bekasi Tetap Melayani Vaksinasi

Daerah469 Dilihat

BeTimes.id — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi pastikan selama bulan Ramadhan 1443 Hijirah tetap melayani pelayanan sentral vaksinasi di Stadion Patriot Candrabhaga (PCB) di Gate 10.

Pelayanan vaksinasi tentunya tetap di buka, hanya terjadi penyesuaian hari dan jamnya selama bulan Ramadhan. Hal ini disampaikan Tanti Rohilawati Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Selasa (5/4).

Menurutnya, adapun jadwal penyesuaian sentra vaksinasi di Stadion PCB selama bulan Ramadhan adalah setiap Senin sampai dengan Jum’at dan buka mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB yang melayani vaksin Dosis 1 dan 2 serta vaksin booster.

“Buka dari Senin sampai Jum’at, jam 8 pagi sampai jam 2 siang. Masyarakat cukup membawa fotocopy KTP dan KK berlaku untuk KTP Kota Bekasi. Sedangkan untuk diluar Kota Bekasi, cukup membawa bukti vaksin pertama untuk dosis kedua, dan juga tiket vaksin booster, serta melampirkan surat keterangan dokter apabila memiliki riwayat penyakit,” kata Tanti.

Ia menjelaskan, terkait jenis vaksin yang tersedia di Stadion PCB dapat menyesuaikan ketersediaan yang ada. “Bila vaksin pertamanya Sinovac maka vaksin keduanya juga Sinovac, dan booster untuk yang vaksin primernya Sinovac bisa diberikan setengah dosis Pfizer atau Astra Zeneca ataupun Moderna dengan dosis penuh,” jelasnya.

Sedangkan lanjut Tanti, bila vaksin primernya Pfizer, boosternya bisa dengan Pfizer dosis penuh atau Astra Zeneca dengan dosis penuh, atau setengah dosis Moderna, yang pada intinya menyesuaikan ketersediaan yang ada.

Berdasarkan ketersediaan untuk saat ini dosis 1 dan 2 kata Tanti, ada vaksin Sinovac dan Astra Zeneca, serta vaksin booster yang ada adalah jenis Astra Zeneca juga Moderna.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 yang menyatakan bahwa Vaksinasi Covid-19 dengan cara injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan sepanjang tidak membahayakan.

“Ada Fatwa MUI yang memperbolehkan vaksinasi saat puasa, untuk itu tidak ada alasan untuk menunda vaksinasi, apalagi jika sudah divaksin lengkap, silahkan lakukan pemberian vaksin booster di Sentra Vaksin Stadion PCB ataupun kami juga melayani di puskesmas-puskesmas setempat yang bisa menjadi opsi lain untuk warga Kota Bekasi,” tutupnya. (Adv/Hum)

Komentar