Antisipasi Covid-19, Kapolri Minta Objek Wisata Terapkan Prokes

Nasional236 Dilihat

BeTimes.id-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajarannya untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) di seluruh objek wisata saat menghadapi libur Lebaran tahun 2022 untuk mengantisipasi Covid-19.

Instruksi tersebut disampaikan Kapolri ketika meninjau langsung kesiapan penerapan prokes libur Lebaran di objek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Bali, Kamis (5/5).

“Saya selalu mengingatkan, agar masyarakat tetap menjaga dan melaksanakan prokes, utamanya memakai masker termasuk di seluruh lokasi wisata yang dikunjungi masyarakat,” kata Sigit usai melakukan pengecekan di GWK Bali.

Mantan Kabareskrim Polri ini menekankan, kepada seluruh pengelola tempat wisata untuk menyiapkan strategi serta aturan penerapan protokol kesehatan kepada wisatawan.

Mantan Kabagreskrim itu, juga menghimbau, agar tetap disiplin prokes, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan ketika menghabiskan waktu libur Lebaran 2022, bersama keluarganya.

“Tolong disiapkan, aturan terkait prokes, sehingga antara pengunjung dan lokasi yang dikunjungi sama-sama saling mengingatkan bahwa prokes tetap harus dilaksanakan,” ujar eks Kapolda Banten tersebut.

Menurut Sigit, penerapan prokes secara ketat dan disiplin, merupakan bentuk antisipasi pengendalian laju Covid-19 setelah hari raya Idul Fitri 2022. “Harus diantisipasi pasca Idul Fitri, laju Covid-19 bisa tetap kita kendalikan, sehingga kunjungan wisata akan terus berlangsung sampai hari minggu, yang diperkirakan terus meningkat. Tadi disampaikan bahwa saat ini kunjungan di GWK juga sudah seperti saat situasi normal bahkan ada peningkatan,” ucap Sigit.

“Di wilayah lain diperkirakan terjadi hal yang sama. Kami terus mengingatkan masalah prokes yang harus dijaga, sehingga laju Covid-19 tetap bisa dikendalikan,” tegas Sigit.

Khusus di wilayah Bali, laporan yang diterima Sigit, sekitar 435.308 orang baik melalui transportasi udara maupun laut, telah memasuki Pulau Dewata ketika memasuki musim libur Lebaran 2022.

Menurut Sigit, disatu sisi dapat mendorong pertumbuhan perekonomian dan pariwisata di Bali. Namun, harus dibarengi dengan penerapan prokes yang ketat terhadap seluruh wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Potensi ini disatu sisi, pasti meningkatkan perekonomian di wilayah Bali. Namun disisi lain, tentunya ada hal-hal yang harus dijaga, khususnya masalah prokes,” tutur Sigit.

Terkait peninjauannya di GWK Bali, Sigit mengungkapkan bahwa, pengelola di lokasi wisata ini, telah menyiapkan strategi dan aturan dalam menerapkan prokes bagi masyarakat yang berlibur.

“Tadi kita ikuti satu per satu, mulai pembelian tiket, di setiap corner-corner tertentu telah disiapkan aplikasi PeduliLindungi dan juga masker yang bisa dibagikan secara gratis. Tadi kita cek satu per satu, sampai dengan salah satu titik yang banyak dikunjungi masyarakat yakni monumen Garuda Wisnu Kencana. Di dalamnya juga sama, seluruh prokes tetap dilaksanakan dengan baik,” tandasnya. (***)

Komentar