Sejumlah Cabor Porprov XVI Akan Dipertandingkan di Kabupaten Bekasi

Olahraga492 Dilihat

Tim Monitoring KONI Jawa Barat melakukan pembahasan kesiapan tuan rumah Porprov XIV Jabar 2022 di Aula BPBD Kabupaten Bekasi.

BeTimes.id-Sejumlah cabang olah raga (cabor)  dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat dari tanggal 12-19 November 2022, akan dipertandingkan di Kabupaten Bekasi.

Daerah industri terbesar se-Asia Tenggara ini, dalam  olahraga multi event empat tahunan ini, resmi menjadi tuan rumah untuk sejumlah Cabor.

Wakil Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, Yunyun Yudiana menyatakan, Jawa Barat sudah menetapkan Kabupaten Bekasi sebagai tuan rumah untuk lima cabor.

“Kalau melihat venue di Kabupaten Bekasi dan memperhatikan kesiapannya rata-rata bisa di angka 85 persen,” ujarnya usai rapat monitoring di Aula Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jumat (2/9).

Kelima cabor yakni Sepatu Roda, untuk Cabor Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi). Panahan, Tenis Lapang, Bulu Tangkis, dan Tarung Drajat.

Yunyun memastikan lima Cabor untuk Kabupaten Bekasi pada Porprov 2022 nanti sudah siap. Secara umum, empat Cabor sudah 95 persen.

“Sementara fix lima cabang olahraga, Yang paling siap untuk venue, empat siap tinggal tenis lapang. Sisa venue, hampir 95 persen siap. Namun, lapangan tenis saja,” terangnya.

Diharapkan, lapangan tenis bisa selesai dalam satu bulan. Hasil peninjauan tim Monitoring Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, kondisinya 50 persen dan sebulan ke depan bisa selesai.

Ditambahkan, banyaknya venue di Kabupaten Bekasi sangat memungkinkan untuk penambahan cabor. Bahkan, hasil audiensi dengan Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) dan KONI Kabupaten Bekasi, sejumlah opsi penambahan cabor sudah ditawarkan.

Hasil monitoring ke wilayah lain yang menjadi tuan rumah masih ada beberapa cabor yang belum stabil. “Memang sampai saat ini ada beberapa cabor yang masih ragu berada dimana, karena tuan rumahnya juga sempat menyampaikan bahwa belum siap.

 Yunyun memastikan, bahwa Kabupaten Bekasi siap. Bahkan, aman membantu dalam rangka penyelenggaraan di Kabupaten Bekasi.

“Tadi dengan Pak Kadis, apabila cabor itu belum ada yang bisa menampung, Kabupaten Bekasi siap membantu  Porprov,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Bekasi, Reza Luthfi Hasan mengatakan tim KONI Jawa Barat melakukan monitoring dan evaluasi untuk Kabupaten Bekasi selama dua hari, 1 dan 2 September 2022.

Tim monev sendiri, difokuskan pada lima venue sementara yang sudah ditetapkan. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan, dan akan digunakan di Porprov 2022.

“Kemungkinan lebih dari lima cabang. Saat ini pun, KONI Kabupaten Bekasi sudah membahas kaitan kesiapan venue untuk dua cabor baru yakni Kurash dan Sambo,” katanya.

Dijelaskan, untuk Cabang Sepatu Roda atau Perserosi, venue yang akan digunakan lebih dari satu. Sub cabor, yakni skateboard juga akan disiapkan di sekitar Komplek Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur.

“Pada Cabor Perserosi, yang kita siapkan terdiri dari venue skateboard di Wibawa Mukti. Untuk speed dan freestyle di sirkuit Persesosi Grand Wisata. Dan marathon di jalan raya, wilayah Kabupaten Bekasi,” jelasnya sebagaimana dikutip dari bekasikab.

Tidak sampai disitu, Reza menegaskan, bahwa sejumlah cabor lain dari tuan rumah juga akan dipindahkan.

“Termasuk cabor renang juga kami tunggu kepastiannya dari Jabar. Selebihnya, kita masih menunggu lima cabor lainnya dari Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Garut,” tukasnya.

Reza meminta, masyarakat Kabupaten Bekasi untuk mendukung kelancaran, pelaksanaan Porprov Jabar tahun 2022.

“Kami mohon doa dan dukungan juga dari masyarakat, agar kontingen Kabupaten Bekasi, bisa kembali juara umum di Porprov,” tukasnya. (***)

Komentar