Tim Biyawak DLH Kabupaten Bekasi Bersihkan 130 Ton Sampah di Kali Jambe

Pemerintahan693 Dilihat

Petugas sedang membersihkan sampah di Kali Jambe

BeTimes.id- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi kerahkan Tim Biyawak secara maraton selama tiga hari membersihkan 130 ton sampah yang menumpuk di empat titik berbeda di Kali Jambe, Kecamatan Tambun Selatan. Ini sebagai upaya mengantisipasi banjir akibat sampah yang menghambat arus air. Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong mengatakan, aksi ini  sangat efektif untuk mengatasi kondisi kali Jambe yang melintasi Kecamatan Tambun Selatan.

“Kita bisa melihat kondisi sungai yang menjadi target,  sudah terbebas dari tumpukan sampah di permukaan sungai dan bantaran kali. Sekarang sungai sudah bersih,”  kata Atong,  Selasa (13/9).

Dikatakan, kebersihan lingkungan  menjadi fokus utama Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan yang juga meliputi aspek-aspek lainnya seperti sungai, bantaran kali, termasuk pembuangan sampah liar di lingkungan masyarakat.

Empat titik lokasi tumpukan sampah liar yang dibersihkan di Kali Jambe, di antaranya di Crossing Tol KM 19, Rumah Pemotongan Hewan (RPH), Keramat Mundu dan hilir di Desa Jejalenjaya.

“Program TANCAP GAS (Tanggulangi, Tanggap dan Cepat Gangguan Sampah di Sungai),  fungsi sungai dan kali sudah berjalan sebagaimana mestinya, dan diharapkan ini bisa mengurangi resiko bencana banjir jika musim hujan tiba,” katanya.

Tumpukan sampah itu, yang berhasil diangkut  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWS CC) dan Dinas Sumber Daya Air BMBK Kabupaten Bekasi mencapai 130 ton lebih dengan menggunakan 12 truk pengangkut sampah, dan mengerahkan 17 orang dari Tim Biyawak. (***)

Komentar