Pj Bupati Bekasi : Masyarakat dan Dunia Usaha Harus Peduli Kebersihan Lingkungan

Pemerintahan317 Dilihat

BeTimes.id-Masyarakat dan dunia usaha diminta peduli terhadap kebersihan lingkungan, sehingga dapat memaksimalkan pemerintah daerah dalam menangani persoalan sampah di Kabupaten Bekasi.

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan hal itu, ketika menjadi narasumber di kegiatan Talkshow Darurat Sampah yang diiniasi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten di Ball Room Hotel Grand Cikarang Jababeka, Rabu (23/11).

Dani Ramdan memaparkan materi langkah apa saja untuk penanggulangan persoalan sampah di Kabupaten Bekasi kepada para peserta, mulai dari ketua bank sampah serta aktivis lingkungan.”Karena kapasitas serta personil dan peralatan terbatas, jadi mengajak peran masyarakat dan dunia usaha untuk peduli terhadap lingkungan,” katanya.

Dikatakan, cara pendekatannya kepada masayarakat dengan cara humanis serta edukasi kepada masyarakat. Salah satunya, melakukan peninjauan ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) dan Tempat Pengolahan Sampah 3R (reduce, reuse, recycle) di Desa Mekarmukti dan Pasir Gombong.“Betul-betul bersih nanti wujud ini, akan kami jadikan objek serta ditiru bagi setiap RW yang lain yang mau membangun itu,” katanya.

Dani ingin membuktikan jika pengolahan sampah tidak harus bau. Salah satunya, dengan pengolahan sampah di setiap RW. “Yang pertama dengan bank sampah, dan namanya bank itu adalah nasabah, jadi nanti sampah itu bisa ditukar dengan uang agar bisa juga sebagai menambahkan ekonomi,” tambahnya. (***)

Komentar