Bahas Dunia Internasional, GMKI Audensi dengan Kemenlu

Nasional402 Dilihat

Para Pengurus Pusat GMKI berfoto bersama Direktur Diplomasi Publik Kemenlu Ri, Yusron B Ambary, di Kemenlu RI.

BeTimes.id-Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) audensi ke Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) yang diterima Direktur Diplomasi Publik, Yusron B Ambary mewakili Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Selasa (4/4).

Dalam pertemuan itu, PP GMKI memaparkan mengenai pentingnya sebuah organisasi kemahasiswaan untuk peka terhadap berbagai isu internasional di tengah semakin kuatnya arus globalisasi.”GMKI sebagai suatu wadah bagi mahasiswa-mahasiswa Kristen tentu harus tanggap dengan isu-isu yang hadir dalam ruang internasional,”kata Ketua Bidang Hubungan Internasional (Kabid HI) PP GMKI, Hans Siagian.

Hans menyebutkan bahwa berbagai isu internasional di era globalisasi saat ini tidak dapat terlepas dari isu-isu nasional yang terjadi.”Oleh karena itu, penting bagi GMKI untuk peka dan terlibat terhadap Isu-isu global untuk menemukan langkah preventif ataupun solusi terhadap dinamika dan problematika yang terjadi di tingkat nasional,” pungkas Hans.

Hans turut memaparkan berbagai program dan isu strategis yang menjadi fokus GMKI dalam bidang hubungan internasional. Sementara itu, Yusron menyampaikan bahwa kepekaan dan pemahaman masyarakat Indonesia mengenai isu-isu internasional masih cukup rendah.”Persentasenya hanya berkisar 17% dari penduduk Indonesia yang memiliki ketertarikan terhadap isu-isu internasional,” sebut Yusron.

Dalam track two diplomacy, GMKI yang merupakan non state actors juga telah mampu untuk terlibat sebagai aktor hubungan internasional. Lebih lanjut, Yusron sangat mengapresiasi semangat dan partisipasi PP GMKI untuk terlibat dalam isu-isu internasional sebagai bagian dari multitrack diplomacy.

Yusron berharap komunikasi yang antara GMKI dan Kemlu dapat terus berlanjut dan GMKI dapat terus berperan aktif dalam menanggapi isu-isu internasional yang terjadi.Dalam pertemuan itu, Kabid HI PP GMKI juga memberikan cenderamata berupa dua buah buku karangan GMKI bertajuk “Kumpulan Biografi Tokoh GMKI” dan buku lainnya dengan judul “Oikumenisme dan Nasionalisme: Kajian Hermeneutik Kritis terhadap Historisitas Gerakan Oikumene Pemuda Kristen di Indonesia”. (Ralian)

Komentar