Sekum GAMKI Pastikan Menpora akan Buka Kongres XII GAMKI di Gereja GPM Maranatha

Nasional191 Dilihat

Sahat Martin Philip Sinurat (kiri) dan jajaran GAMKI. (Foto: Istimewa)

BeTimes.id – Kongres ke XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) akan digelar di Kota Ambon, Provinsi Maluku yang akan dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Minggu (14/5).

Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat memastikan, Kongres XII GAMKI akan berlangsung tanggal 14-18 Mei 2023.

“Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan diwakili oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, untuk membuka kongres di Gedung Gereja Maranatha, Kota Ambon,”terang Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) masa bhakti 2016-2018 itu.

Sahat melanjutkan, sudah mendapat konfirmasi dari Sekertariat Negara, bahwa Menpora akan mewakili Presiden untuk buka kongres.

Dalam Kongres XII yang digelar di Kota Ambon kali ini, lanjutnya, akan dihadiri oleh perwakilan dari 220 cabang dari 28 Provinsi (DPD GAMKI ) seluruh Indonesia.

Kongres XII GAMKI bertajuk, “Pulihkan lah Bangsa Kami” diambil dari Kitab Mazmur 80. Dengan sub them, “Mewujudkan kepemimpinan Pemuda Kristen yang Transformatif dan inovatif”.

“Ada 220 cabang dan 28 DPD GAMKI tingkat Provinsi yang akan hadir. Jadi jumlah peserta Kongres yang akan beraktivitas di Kota Ambon selama sepekan ke depan hampir 1000-an orang,” ujarnya.

Dia mengatakan, berbagai topik akan dibahas dalam Kongres tersebut, dia mengaku sudah ada delapan sesi, diantaranya, pancasila, kepemiluan serta tentang pembangunan di Provinsi Maluku, dan wilayah Timur Indonesia.

“Para narasumber juga telah mengkonfirmasi untuk hadir, seperti beberapa wakil menteri, anggota DPR RI, serta Gubernur Papua Barat dan Gubernur Papua Selatan,”bebernya.

Sahat mengapresiasi peran Pemerintah Daerah Maluku dan Pemerintah Kota Ambon, dan berbagai lapisan gereja-gereja di Ambon dan berbagai lapisan masyarakat.

Dalam pantauan wartawan, para panitia dan pekerja gereja GPM Maranatha Kota Ambon sibuk menata ruangan dan memasang spanduk Kongres XII GAMKI dengan gambar Ketua Umum Wiliam Wandik dan Sekretaris Umum Sahat Martin Philip Sinurat.

Sementara itu, Jajaran Dewan Pimpinan Pusat ,(DPP) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GMKI) beserta jajaran DPD dan DPC GAMKI di seluruh Indonesia, tiba di Bandara Internasional Pattimura, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Sabtu (13/5/2023) pagi, sekitar pukul 07.05 WIT.

Jajaran GAMKI seluruh Indonesia disambut Ketua Panita Kongres XII GAMKI Lucky Wattimuri, yang juga Anggota DPRD Provinsi Maluku dan Ketua DPD GAMKI Maluku Happy Lelapari dengan tarian perang daerah Maluku, Cakalele. Tampak Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty, Wakil Ketua Umum DPP GAMKI Sherly Wattimena, Anggota Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Esther Telambanua, dan jajaran DPP, DPD, dan DPC GAMKI seluruh Indonesia disematkan kain khas Maluku, Seal.

Ketua Panitia Lucky Wattimuri mengatakan, panitia beserta pemuda gereja siap menggelar Kongres XII GAMKI dari tanggal 14-18 Mei 2023.

Tampak spanduk dari jajaran Pemerintah Daerah Maluku dan Pemerintah Kota Ambon tumplek di sepanjang gereja GPM Maranatha.

Spanduk Gubernur Maluku Murad Ismail dan Wakil Gubernur Maluku Barnabas N . Orno terpampang di sepanjang jalan. Baliho Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadeli lie terpampang di sepanjang jalan raya Pattimura mengucapkan selamat berkongres untuk GAMKI.

Hadir Deputi I Kepala Staff Presiden (KSP) Febri Calvin Tetelepta, dalam jamuan makan siang di rumah Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) GAMKI Michael Wattimena, Rektor Universitas Kristen Maluku Dr. Hengky Herzon Hetaria. (Ralian)

Komentar