Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi Apresiasi Berbagai Terobosan Disdukcapil

Politik279 Dilihat

Ketua Komisi I DPRD Ani Rukmini

BeTimes.id-Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Ani Rukmini mengapresiasi berbagai terobosan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat, dalam melayani masyarakat.

Selama ini, berbagai inovasi diluncurkan Disdukcapil untuk memudahkan masyarakat dalam urusan administrasi kependudukan (adminduk). Dia berbaharap agar stikma negatif selama ini, bisa dihilangkan.

Sejak E-KTP diluncurkan, masyarakat mengeluhkan kesulitan, karena terkesan urusan di Disdukcapil berbelit-belit, bahkan terbatasnya blangko e-KTP yang justru dimanfaatkan oknum, termasuk calo untuk mencari untung. Kabar negatif inilah yang membuat hingga sekarang masyarakat belum yakin pelayanan berjalan sesuai ketentuan.

Anggota DPRD dari Fraksi PKS ini, mengaku dengan berbagai terobosan Disdukcapil, bisa menghilangkan stikma. Yang jelas, sudah ada perubahan tentang layanan, makanya sangat mengapresiasi dan teruslah berinovasi untuk memudahkan masyarakat dalam berbagai urusan. 

Program lainnya, ada perekaman penduduk usia 17 (Kampus 17) dengan menyasar  yang sudah berusia 17 tahun, tujuannya agar mereka pada Pemilu 2024 mendatang, bisa ikut dalam pesta demokrasi sekali 5 tahun itu. Mereka yang disasar adalah yang berusia 17 tepat pada tanggal pencoblosan.

Ada juga  program Simpro (Siap Melayani Mudah Prosesnya) yang menggambarkan betapa masyarakat sangat dimudahkan.

Pelayanan keliling ini bagian dari agenda rutin program Simpro yang bertujuan untuk membantu masyarakat agar lebih mudah dan efisien dalam mengurus dokumen kependudukan serta arsip catatan sipil.

Ada juga Sisir  Desa Pilihan (SIDEPI) salah satu program layanan untuk memudahkan  masyarakat mengurus administrasi kependudukan. 

Masyarakat dimudahkan, sehingga tidak perlu harus ke Kantor Kecamatan maupun Disdukcapil Kabupaten Bekasi.

Ani berharap kemudahan  dalam urusan surat-surat kependudukan, mulai KTP,  Akte Lahir, akte nikah, akte kematian dan lainnya harus diwujudkan.

Disdukcapil dibawah kepemimpinan DR.Carwinda.MSi, harus meningkatkan kinerjanya agar layanan lebih cepat lagi. Tentu sudah banyak perkembangan, terutama kecepatan berbagai urusan, layanan mobil keliling dan lainnya. 

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi, DR.Carwinda.MSi mengatakan, akan mengerahkan jajarannya memberikan pelayanan terbaik. Dengan Mudai hari ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, akan tampil beda dengan pakaian seragam barunya  serta tagline  Siap Melayani Mudah Prosesnya (Sipro).

Rompi  berlago Kemendari di sebelah kanan dengan  nama, dan disebelah kiri dengan logo Pemeritah Kabupaten Bekasi  dan nama jabatannya yang mulai dilaunching  tanggal 6 Januari 2023, diharapkan akan memotivasi semua pegawai. Seragam itu wajib dipakai, tanpa terkecuali. “Saya pun memakainya setiap hari kerja. Pegawai  yang bertugas di kantor Disdukcapil maupun yang  bertugas keliling harus menggunakannya, sehingga memudahkan warga mengenalinya. Sebab, dengan memakai seragam itu, bisa dilihat namanya. Kalau tidak menggunakan seragam itu, masyarakan bisa menegurnya. 

Dikatakan, jika tagline Kabupataen Bekasi Bekasi Bangkit Berani, maka Disdukcapil melaliki Tagline Siap Melayani Mudah Prosesnya (Sipro). Siap melayani mudah prosesnya, diharapkan bisa  terwujud, makanya semua aparatur Disdukacapil harus berperanserta. (hem)

Komentar