GAMKI Minta Seleksi Bawaslu dan KPU Gunakan Sistem Merit

Nasional428 Dilihat

Sebelumnya, Lembaga Advokasi dan Pendidikan Pemilu (LAPP) GAMKI melaksanakan Diskusi Publik pada hari Senin, 3 Juli 2023 di Grha Oikumene PGI bertajuk ‘Peran Generasi Muda dalam Mewujudkan Pemilu 2024 yang Bersih, Damai, dan Berintegritas’.

Hadir sebagai pembicara, Komisioner Bawaslu RI Herwyn Malonda, Ketua Umum MPH PGI Pdt. Gomar Gultom, Komisioner Komnas HAM 2007-2012 Johny Nelson Simanjuntak, Dosen Ilmu Politik UKI Audra Jovani, serta Sekretaris Eksekutif Bidang Keadilan dan Perdamaian PGI Pdt. Henrek Lokra.

Dalam diskusi tersebut, Sahat menyampaikan, generasi muda harus ikut mendukung terlaksananya Pemilu 2024 yang damai, bersih, dan berintegritas, antara lain dengan terlibat melakukan pengawasan partisipatif.

“Salah satu bentuk partisipasi GAMKI adalah dengan membentuk Lembaga Advokasi dan Pendidikan Pemilu GAMKI yang akan memantau proses pelaksanaan Pemilu 2024. Selain itu, LAPP GAMKI juga akan memantau kinerja KPU, Bawaslu, dan DKPP sebagai komponen dari penyelenggaraan Pemilu,” kata Sahat.

Komisioner Komnas HAM 2007-2012, Johny Nelson Simanjuntak dalam pemaparannya mengapresiasi pelaksanaan diskusi publik ini dan mendorong GAMKI untuk melanjutkan  karya politiknya dalam memastikan bahwa Negara Republik Indonesia adalah rumah bagi semua pecinta demokrasi.

“Demokrasi telah dipilih bangsa Indonesia sebagai sistem politik untuk membawa seluruh bangsa dari negeri ini untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran. Demokrasi adalah sistem politik yang memastikan terserapnya dan terartikulasinya aspirasi dari seluruh elemen masyarakat yang berbeda-beda tetapi tetap satu dalam kebijakan negara,” kata Johny.

Komentar