Pramuka Kabupaten Bekasi Diminta Lahirkan Inovasi dan Program Cemerlang

Pendidikan168 Dilihat

BeTimes.id– Orientasi Pramuka menjadi agenda penting untuk memperkuat semangat kepramukaan, dan mempersiapkan para pembimbing bagi generasi mendatang.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) pada kegiatan Orientasi Majelis Pembimbing Kwarting Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Bekasi  selama dua hari di Maribaya Glamping, Kabupaten Bandung Barat,  Jumat (17/11). 

Dani menandaskan, untuk menjaga eksistensi Gerakan Pramuka di Kabupaten Bekasi, maka tugas mulia ini difokuskan melalui pendekatan pendidikan karakter, jiwa kepemimpinan dan rasa tanggung jawab. 

“Kemampuan dari organisasi dan para pengurusnya untuk memberikan kontribusi positif dalam pembinaan karakter, mampu membentuk dan menjaga eksistensi Gerakan Pramuka di daerah ini tetap terjalin dan bertahan,” ujarnya.

Dikatakan, Pramuka Kabupaten Bekasi sebagai salah satu Kwarcab yang kuat di Jawa Barat harus menunjukkan eksistensi melalui program, inovasi, dan kreasi di setiap kegiatan baik di tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat, maupun di tingkat Kwartir Nasional (Kwarnas). 

“Bukan hanya anggotanya saja yang aktif, namun memang Kwarcab Kabupaten Bekasi turut serta mengukuti pelatihan, inovasi, melahirkan program yang cemerlang di tingkat provinsi dan nasional,” katanya.

Tidak hanya itu, Dani pun memberikan arahan kepada anggota Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bekasi dalam beberapa projek yang bersifat konkrit dan operasional.

Terkait pengembangan Bumi Perkemahan (Buper) Karang Kitri di Bojongmangu yang saat ini pengelolaannya di bawah tanggung jawab Kwarcab Pramuka Kabupaten Bekasi, Dani berpesan untuk dikelola sebaik-baiknya, memberikan kebermanfaatan untuk Gerakan Pramuka dan masyarakat sekitar, serta terpelihara dengan baik.

Selain itu, Dani mendukung adanya kerja sama dengan pihak profesional untuk dijadikan peluang sumber pendapatan ekonomi guna biaya pemeliharaan.

“Bumi perkemahan yang sudah menjadi tanggung jawab Kwarcab agar terpelihara dengan baik, dibuatkan event-event menarik secara reguler untuk menarik minat masyarakat,” ucapnya.

Pada kegiatan yang juga dihadiri Sekda Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi tersebut, ia mengajak Pramuka Kabupaten Bekasi untuk memberikan respon positif terhadap berbagai persoalan yang mencuat di masyarakat, dengan membentuk aksi kepedulian. (***) 

Komentar