60 Ketua Mabigus Gerakan Pramuka Ikuti Kursus Orientasi

Pendidikan145 Dilihat

Ketua Majelis Pembimbing Ranting Cikarang Utara, Enop Can

BeTimes.id–Sebanyak 60 Kepala Sekolah SD/MI, SMP, MTs, SMK serta SMA yang merupakan Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Gerakan Pramuka mengikuti Kursus Orientasi di Ciawi Bogor pada Rabu (13/12)

Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Cikarang Utara, Enop Can mengungkapkan, para kepala sekolah merupakan sosok kunci yang memegang peranan penting dalam pengembangan kegiatan kepramukaan di setiap sekolah.

“Peran berupa dukungan agar kegiatan Pramuka sebagai wadah pembinaan karakter generasi bisa berjalan dengan eksis dan harus berkelanjutan bila perlu dalam satu tahun dua kegiatan Kursus Orientasi dan Karang Pamitran,” ujarnya.

Kursus Orientasi Mabigus tersebut dapat memberikan pemahaman dan bermanfaat bagi para kepala sekolah selaku ketua mabigus. Apalagi peserta didik usia SD/MI merupakan generasi penerus yang diharapkan bisa menjadi pemimpin bangsa berkarakter kuat.

“Dengan Kursus Orientasi  ini, harapannya pemahaman tentang fungsi Mabigus akan meningkat, sehingga berdampak pada peningkatan pembinaan Pramuka di sekolah maupun generasi muda,” imbuhnya.

Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Cikarang Utara,Romdoni Sugianto Hasan mengatakan, kegiatan ini digelar atas kerjasama dengan Pusdiklatcab Kwarcab Kabupaten Bekasi.

“Kursus diikuti 60 peserta dari unsur Kepala Mabigus SD/MI, SMP, MTS, SMK serta SMA se-Kecamatan Cikarang Utara. Sejumlah materi disampaikan antara lain tugas dan tanggung jawab mabigus, kepramukaan dan lainnya,” pungkasnya.

Romdoni menyebutkan bahwa Orientasi Mabigus ini diharapkan salah satu bentuk kesiapan dari masing-masing gugus depan untuk perbaikan dan kemajuan dalam mengembangkan pembinaan terhadap generasi muda melalui Gerakan Pramuka.

“Orientasi Mabigus ini diharapkan bisa meningkatkan program kerja Pramuka di tingkat sekolah masing-masing, dan para peserta didik dapat melaksanakan pengetahuan kepramukaan yang sudah diajarkan,” terangnya.(***)

Komentar