Tekan Stunting ke 13,8 Persen, Pj Bupati Bekasi Apresiasi Prestasi Dinas Kesehatan

Pemerintahan103 Dilihat

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan menyerahkan penghargaan ke Kadinkes dr Alamsyah

BeTimes.id–Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengapresiasi  seluruh tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan hingga Puskesmas, atar prestasinya meraih dari 5 capaian terbaik, penanganan stunting terbilang sukses di tahun 2023 karena berhasil ditekan ke angka 13,8 persen.

“Apresiasi, ada 5 capaian  membanggakan, mulai dari aspek penyerapan anggarannya di angka 94 persen, kemudian UHC  masih 99 persen, stuntingnya signifikan hampir 4 persen menurun,” ungkapnya usai memberikan arahan dalam rapat evaluasi bulanan, di Kantor Dinas Kesehatan, Komplek Pemkab Cikarang Pusat, Kamis (18/1).

Capaian lainnya Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar  di angka 100 persen. Kemudian akreditasi rumah sakit, Puskesmas, dan klinik mendapat nilai tinggi.

Diharapkan, pembangunan kesehatan di daerah ini, ke depan  lebih baik lagi. Namun, sekalipun capaiannya sudah baik, Dinas Kesehatan supaya terus meningkatkan kinerja di tahun 2024.

Dikatakan, Kabupaten Bekasi masih butuh 30 Puskesamas jika melihat jumlah penduduk.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr Alamsyah mengatakan penanganan stunting secara progresif jauh menurun, pada 2021 di angka 21,5 persen dan  menurun di 2022 sekitar 17,8 persen, dan di akhir tahun 2023 ke angka 13,8 persen.

“Ini sangat progresif dan secara khusus, Dinas Kesehatan berkolaborasi dengan dinas terkait, termasuk Bupati, Pak Sekda, lintas sektor sehingga bisa mendapatkan capaian  ini,” ungkapnya.

Alamsyah menambahkan, tahun 2024 program prioritas Dinas Kesehatan akan digenjot pada penyerapan anggaran di atas 94 persen. Kemudian stunting diharapkan bisa ditekan di bawah angka 10 persen.

Sedangkan UHC akan tetap dipertahankan, kemudian bagaimana penambahan Puskesmas karena masih kurang dan bagaimana mutu layanan Puskesmas bisa lebih baik lagi, pungkasnya. (***)

 

Komentar