Pemkab Gelar GMP Jelang Bulan Suci Ramadhan di Sejumlah Wilayah Rawan Pangan

Pemerintahan73 Dilihat

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan


BeTimes.id–Pemkab Bekasi akan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) disejumlah wilayah rawan pangan menjelang Bulan Suci Ramadan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, usai melaunching Program Bekasi Permata dan Bekasi Bening di lokasi ke-9 Desa Sindangjaya, Kecamatan Cabangbungin.

Dani Ramdan mengatakan, GPM ini bertujuan membantu warga yang kurang mampu dalam mendapatkan bahan pokok dengan harga murah dan terjangkau. Mengingat beras dengan harga murah sangat dibutuhkan oleh warga ditengah kenaikan harga beras dan sembako menjelang bulan suci Ramadhan dan lebaran.

“Program Gerakan Pangan Murah ditujukan untuk masyarakat yang membutuhkan. Program ini akan dilaksanakan untuk sebagian kecamatan di desa-desa yang rawan pangan,” ujarnya  Selasa (5/3).

Selain itu, pogram GPM juga merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menjaga stabilisasi harga bahan pokok serta pengendalian inflasi. Dengan adanya pelaksanaaan GPM ini diharapkan dapat menjadi manfaat dalam meringankan beban masyarakat yang kurang mampu.

Sebelumnya, Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Bekasi yang bekerjasama dengan Bulog Karawang telah melaksanakan Operasi Pasar Beras sejak 20 Februari 2024 yang tersebar di 23 kecamatan.

Selain itu, Pemkab Bekasi juga menyalurkan beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) kepada 70 distributor beras se-Kabupaten Bekasi guna mendapat pasokan beras langsung dari Bulog sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) dari pemerintah, sehingga harga beras ke masyarakat bisa lebih rendah.

“Dengan adanya kenaikan harga beras ini, kita juga laksanakan program operasi pasar beras di seluruh kecamatan. Per kecamatan mendapat 10 ton, apabila harga belum menurun kita akan lanjutkan lagi di gelombang yang kedua,” tutur Dani.(***)

 

Komentar