Seluruh Perangkat Daerah Segera Tuntaskan Isu Strategi Pembangunan 2024

Uncategorized90 Dilihat

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan didampingi Sekretaris Daerah, Dedy Supriyadi menandatangani RPJPD Tahun 2025 – 2045 dan RKPD 2025 Kabupaten Bekasi, di Hotel Nuanza Cikarang Selatan

BeTimes.id–Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan  seluruh perangkat daerah dapat segera menuntaskan isu-isu strategis yang terangkum dalam enam program prioritas pembangunan di tahun 2025,. 

Hal itu dikatakannya, ketika  menutup secara resmi Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bekasi Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Bekasi Tahun 2025, di Nuanza Hotel, Cikarang Selatan, Kamis (7/3).

“Problem yang dihadapi  angka pengangguran yang masih tinggi, harus lebih benar-benar tajam menyusun strategi dan kegiatan, agar tidak terus dibebani persoalan pengangguran ini dari tahun ke tahun,” ungkapnya.

Dani Ramdan menjelaskan, mulai tahun 2026, fokus prioritas daerah tertuju pada pembangunan yang berkelanjutan selaras dengan visi pemerintah pusat, yakni Menuju Indonesia Emas 2045. 

“Jadi Kabupaten Bekasi juga harus mencapai kemajuan-kemajuan yang signifikan di tahun 2045 nanti, supaya tetap menjadi daerah  terkemuka di Jawa Barat dan Indonesia,” terangnya.

Ia menilai, kemajuan industri di Kabupaten Bekasi saat ini harus dibarengi dengan upaya serius dalam menjaga lingkungan terhindar dari kerusakan, agar tidak merugikan generasi penerus di masa mendatang.

“Hal itu juga yang dirumuskan dalam rencana jangka panjang kita, agar kemajuan ekonomi, kemajuan infrastruktur bisa dilengkapi dengan kelestraian lingkungan yang berkelanjutan. Airnya bersih, tanahnya bersih, udaranya juga bersih,” lanjutnya.

Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi, Agus Budiono, menambahkan bahwa kegiatan Musrenbang tingkat Kabupaten ini menutup rangkaian proses musyawarah yang telah dilaksanakan sebelumnya sejak tanggal 29 Februari sampai 06 Maret 2024.

Sejumlah usulan yang berhasil dihimpun dari Musrenbang Kecamatan, menurut Agus Budiono, sejauh ini masih mengusung pemerataan pembangunan infrastruktur, aspek perekonomian, serta aspek sosial.

“Nah memang kita melakukan penajaman terhadap usulan-usulan yang disampaikan masyarakat melalui musrenbang dan pokok-pokok pikiran. Yang nanti dimatangkan ke dalam RKPD. Tentu dengan memperhatikan kapasitas fiskal,” terangnya.

Lebih lanjut, Agus menambahkan prioritas pembangunan jangka panjang tersebut meliputi tata kelola pemerintahan, infrastruktur, stabilitas ekonomi dan sosial, dan juga aspek lingkungan.

“Seperti yang Pak Pj Bupati sampaikan, untuk aspek lingkungan ini kita berharap tentu peningkatan industri manufaktur juga tidak mengabaikan aspek keberlanjutan lingkungan,”tutupnya

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat, unsur Forkopimda Kabupaten Bekasi, unsur Perangkat Daerah dan Camat di lingkungan Pemkab Bekasi, serta perwakilan Ditjen Pembangunan Daerah Kememdagri secara virtual. (***)

Komentar