Alumni STAI HAS Dituntut Kontribusinya Pembawa Estafet Kepemimpinan Bangsa

Pendidikan57 Dilihat

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan menghadiri dalam sidang Senat Terbuka Wisuda Angkatan IX dan Dies Natalis Program Sarjana (S1) Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam Haji Agus Salim (STAI HAS) Cikarang,

BeTimes.id–Pj Bupati Bekasi, Dani menngatakan para alumni STAI HAS adalah generasi baru cendikiawan yang selalu dibutuhkan  bangsa dan dituntut nyata memberikan kontribusinya. Salah satu prioritas negara dalam memastikan terwujudnya sumber daya manusia Indonesia unggul yakni generasi muda pembawa estafet kepemimpinan bangsa, manusia cerdas, produktif, berdaya saing, berakhlak mulia dan berkomitmen untuk bangsa.

Hal itu dikatakan Pj Bupati dalam orasi ilmiahnya ketika menghadiri Sidang Senat Terbuka Wisuda Angkatan IX dan Dies Natalis Program Sarjana (S1) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Hukum Ekonomi Syariah (HES) Sekolah Tinggi Agama Islam Haji Agus Salim (STAI HAS) Cikarang Tahun Akademik 2023-2024, di Gedung Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta,  Rabu (9/5). 

 “Kunci keberhasilan terwujudnya sumber manusia unggul terletak pada pendidikan, maka para alumni harus mampu menjadi manusia yang cerdas, produktif, berdaya saing, dan berakhlak mulia,” katanya.

Dikatakan, dalam bidang pendidikan agama terdapat dua faktor esensial terkait penciptaan sumber daya manusia unggul, diantaranya manusia yang memahami ilmu agama atau Al-Muttafaqihina Fiddin dan sumber daya manusia yang menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi.

“Terutama dibidang agama ada dua faktor esensial yakni manusia yang paham ilmu agama dan menguasai ilmu pengetahuan lainnya serta teknologi, keduanya haruslah berjalan beriringan dan saling melengkapi,” ujarnya.

Dihadapan para alumni, dirinya memotivasi agar di kemudian hari generasi penerus bisa menempati posisi kepemimpinan untuk mewujudkan visi misi Indonesia Emas 2045. 

Dalam mencapainya, dibutuhkan tiga syarat yaitu menjaga pertumbuhan ekonomi di Indonesia di atas 5 persen, menciptakan Pemilu damai melalui stabilitas keamanan politik, serta sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing yang mampu mengambil peluang kiprahnya di kancah internasional.

“Mencapai visi itu, generasi penerus memegang kepentingan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi, menjaga stabilitas, dan menciptakan SDM berkualitas yang ingin bersaing didunia internasional,” tuturnya.

Selain itu, dirinya menginginkan alumni STAI HAS dapat berperan aktif menjadikan Kabupaten Bekasi 2045 yang unggul, harmoni dan mandiri dalam untuk membantu visi misi Pemerintah Kabupaten Bekasi menyelesaikan permasalahan infrastruktur, persampahan, pendidikan, kesehatan serta kemiskinan ekstrem. 

“Sebagai salah satu perguruan tinggi Islam, saya harapkan mampu menciptakan tokoh-tokoh yang membawa peran positif di Kabupaten Bekasi dan dapat turut serta membantu visi misi Pemerintah Kabupaten Bekasi.” ujarnya. (adv)

Komentar