Tingkatkan Perekonomian Rakyat, Pemkab Bekasi Pebaiki 200 Km Jalan

Pemerintahan117 Dilihat

Perbaikan ruas Jalan Inspeksi Kalimalang

BeTimes.id–Pemerintah Kabupaten Bekasi, di bawah kepimpinan Pj Bupati Dani Ramdan, telah memperbaiki 200 km  ruas jalan  dan diharapkan dapat memperlancar mobilitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kemantapan jalan hingga tahun 2023,  sudah di angka 81 persen dan diharapkan di tahun 2024 terus meningkat,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln, Kamis (16/5). 

Dikatakan, perbaikan jalan rusak tidak terlepas dari masukan serta aduan masyarakat, baik saat Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan turun ke lapangan maupun melalui media sosial.

“Banyak sekali laporan jalan-jalan yang kondisinya tidak baik atau rusaki yang menjadi atensinya untuk kami,” ujarnya. 

Berdasarkan SK penetapan status jalan kabupaten dan jalan desa, panjang jalan yang dimiliki dari tahun 2017 sampai akhir Desember 2023 sepanjang 946 kilometer. Namun setelah Dinas SDABMBK melakukan suvei dan pendataan ulang, jumlahnya bertambah menjadi 1.071 kilometer. 

“Nah, ini yang kita harus tingkatkan lagi. Karena kemantapan yang diisyaratkan nasional itu 100 persen. Kemudian provinsi di 85 persen. Nah kita harus mengejar angka itu,” imbuhnya.

Menurut Henri, kemantapan jalan yang dimaksud adalah jalan dalam kondisi baik, salah satu indikatornya tidak berlubang.

Selain melakukan perbaikan, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan juga membentuk unit reaksi cepat (URC) Berani Jalan untuk menjaga kondisi kemantapan jalan yang sudah dibangun. URC ini dibentuk untuk menjaga kondisi kemantapan jalan agar yang kondisi baik tidak turun menjadi kondisi sedang ataupun rusak. 

“Tim URC ini merespon dengan cepat aduan masyarakat dan langsung mengerjakannya. Banyak sekali pengaduan masyarakat dan satu hari minimal mereka mengerjakan dua titik,” kata Henri.

Dengan upaya-upaya ini diharapkan kemantapan jalan di Kabupaten Bekasi semakin tinggi. Sehingga masyarakat dapat nyaman melintasi jalan yang mulus sampai pelosok daerah.

“Ini ikhtiar kami untuk melayani masyarakat. Mudah-mudahan sampai akhir 2024 semakin banyak jalan yang berkualitas,” tandasnya. (adv). 

Komentar