Pemkot Bekasi Tingkatkan Sinergitas UMKM Dengan Pengurus Koperasi se – Kota Bekasi

Peristiwa204 Dilihat

BeTimes.id — Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi tingkatkan sinergitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan pengurus koperasi se – Kota Bekasi.

Pasalnya, pelaku UMKM adalah pahlawan ekonomi yang menjadi kunci roda perekonomian dalam menentukan kesejahteraan masyarakat. Hal itu disampaikan kepala dinas UMKM H Abdillah kepada bekasitimes.id, Rabu (9/10/2019).

Menurut Abdillah, perkembangan UMKM di Kota Bekasi selama ini menunjukkan kemajuan yang signifikan, antara lain terlihat dari terus meningkatnya serapan tenaga kerja.

“Saat ini jumlah pelaku UMKM terus meningkat menjadi usaha yang mampu menyerap tenaga kerja sehingga perkembangan UMKM mampu menciptakan perluasan lapangan kerja,” kata Abdillah.

Ia berharap forum pertemuan ini tidak berhenti pada tataran diskusi saja. Alasannya, kata dia, perlu berlanjut pada jalinan kerja sama yakni MOU dan kemudahan mengakses bagi pada pelaku UMKM.

“Kami sangat mendukung temu usaha UMKM dan koperasi, semacam ini harus difasilitasi dinas terkait,” jelasnya.

Abdillah mengatakan, sebentar lagi sudah diberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sehingga kalangan UMKM di Kota Bekasi bisa ikut bersaing memasarkan produk-produk bernilai jualnya.

“Jangan sampai MEA dijadikan sebagai hambatan, melainkan sebuah peluang untuk meningkatkan dan memasarkan produk di tingkat internasional. Caranya dengan perluasan jaringan,” katanya.

Yang jelas, lanjut Abdillah, Pemkot Bekasi berkomitmen untuk memfasilitasi perkembangan UMKM, mulai dari pendampingan usaha, permodalan, sampai pemasaran melalui koperasi dan berbagai kegiatan yang dilakukan.

“Kami terus berkomitmen untuk memfasilitasi dan memberikan pendampingan, permodalan hingga pemasaran melalui koperasi,” tutupnya Abdilah. (tgm)

Komentar