Bimtek Penyusunan E-Katalog Dibukan Asda II Entah Ismanto

Peristiwa554 Dilihat

BeTimes.id- Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Asda II), Entah Ismanto membuka  Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan katalog elektronik (e-Katalog), di Hotel Java Palace, Kecamatan Cikarang Utara,  Rabu (11/3).

“Output yang diharapkan, para peserta khususnya Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dapat memahami peraturan pengadaan barang/jasa, sehingga dalam melaksanakan tugas dan fungsinya  berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan,”jelas Entah.

E-katalog merupakan sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis, dan harga barang atau jasa tertentu dari berbagai penyedia barang atau jasa pemerintah.

Untuk Pengadaan Barang dan Jasa, Pemerintah mempunyai peran yang penting dan strategis dalam kontribusi pelaksanaan pembangunan nasional khususnya peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian Nasional maupun Daerah.

“Saya harapkan semua peserta  dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh,” tegasnya.

Ia meminta, agar  seluruh peserta supaya aktif dan  menerima materi yang disampaikan dan  aktif berkonsultasi kepada narasumber. Sesuai Perpres 16 Tahun 2019 tentang pengadaan Barang atau jasa, bahwa Pemerintah memberi amanat kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan barang atau jasa Pemerintah (LKPP) untuk mengembangkan, merumuskan, dan menetapkan kebijakan pengadaan barang atau jasa Pemerintah. 

“Salah satu kebijakan yang telah dikembangkan dan dirumuskan adalah pengembangan sistem pengadaan secara elektronik serta sarana pendukungnya,. Perubahan  pengadaan harus disesuaikan seiring  proses pengadaan secara manual menjadi berbasis teknologi informasi yang serba elektronik,” katanya. (hem)

Komentar