Putus Mata Rantai Covid-19, Praeses Pdt.Banner Siburian.MTh Serukan Jemaat Dukung PSBB

Peristiwa251 Dilihat
-Peduli Kasih Melalui Posko Tanggap Bencana
-Beribadah Di Rumah Saja Hingga 3 Mei 2020
BeTimes.id-Praeses HKBP Distrik XIX Bekasi Pdt Banner Siburian MTh menyerukan kepada jemaat untuk mendukung upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19). Terutama dalam pemberlakuan PSBB di Kota dan Kabupaten Bekasi.
“HKBP Distrik XIX Bekasi turut mendukung pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kedua daerah ini mulai Rabu 15 April 2020. Karena wabah pandemic Covid-19 tampaknya belum menunjukkan tanda-danda  penurunan yang berarti melainkan  penyebaran yang cendrung naik.
Karena itulah kata Banner,  telah menindaklanjutinya di segenap peribadahan gereja se-HKBP Distrik XIX Bekasi agar beribadah di rumah masing-masing  hingga 3 Mei 2020, dan akan terus dievaluasi hingga situasi lebih kondusif.
Segenap jajaran HKBP se-Distrik XIX Bekasi, turut berbeban atas dampak  wabah pandemic yang ganas tersebut. Salah satu imbas yang paling terasa adalah warga jemaat dan masyarakat umum sekitar  sebagai pekerja harian atau pekerja sektor informal lainnya, apalagi sebagian jadi pengangguran  dan dirumahkan dari pekerjaannya. Ini menjadi salah satu fokus perhatian segenap gereja HKBP se-Distrik XIX Bekasi.
Menurut Pdt Banner Siburian MTh,  sejak April lalu telah menyerukan segenap pimpinan jemaat di 20 HKBP Resort dan 1 Persiapan Resort  HKBP se-Distrik XIX Bekasi untuk mendirikan Posko Tanggap Bencana Peduli Kasih, baik kepada warga jemaat pekerja sektor informal maupun masyarakat umum sekitar gereja, dengan tetap menjaga “social distancing” ketika penyerahan bantuan dari posko, terutama sembako, voucher, masker, hand-sanitizer atau bantuan lainnya.
Dikatakan, hari Rabu 15 April 2020, HKBP Ressort Harapan Baru yang dipimpin Pdt Tunggul Harahap STh, St RD Panjaitan, para Majelis dan warga jemaat turut menunjukkan peduli kasih ini, bukan hanya kepada warga jemaat terdampak Covid-19, tetapi kepada masyarakat umum sekitar gereja.
Selain membagi-bagikan masker selama 2 jam kepada setiap orang yang melintasi jalan gereja HKBP Harapan Baru, juga membagikan sembako berupa beras, minyak goreng, dan indomie sebanyak 185 paket.  Sebelumnya, Minggu 12 April, HKBP Philadelphia Bekasi yang dipimpin  Pdt Saut Simanjuntak STh, juga telah mendistribusikan  paket sembako kepada 26 KK  jemaat terampak berupa beras, minyak goreng, gula pasir dan telur.
Hal yang sama dilakukan HKBP Babelan Kota yang dipimpin  Pdt Lisda Nababan STh. Bantuan sembako 52 paket, Sabtu 11 April, dan  tahap kedua direncanakan termasuk bagi masyarakat sekitar gereja.
Pdt Maijon Pakpahan STh MM, Pendeta Resort HKBP Ressort Palmarum Pejuang  dan para Majelis serta jemaat, Senin 13 April 2020, juga membantu  melalui Posko Tanggap Bencana Peduli Kasih ini kepada  54 KK warga jemaat dan 16 KK warga sekitar dan petugas parkir gereja berupa sembako, beras, minyak goreng, indomie dan tepung. Bersama Polsek Medan Satria, juga  melakukan penyemprotan gedung gereja.
Sementara itu, HKBP Ressort Marsada Cibitung yang dipimpin  Pdt Baringin Simarmata STh MPd  juga telah membagikan  kepada 140 warga jemaat dan 10 KK  warga sekitar gereja.  Peduli kasih juga dilakukan HKBP Ressort Perumnas II Bekasi yang dipimpin Pdt Oloan Nainggolan STh. Posko gereja telah mendistribusikan paket sembako, gula, termasuk hand-sanitizer dan masker dan Vitamin C sebanyak 73 paket kepada warga jemaat maupun kepada warga sekitar gereja,” katanya.
Tahap kedua  paket bantuan peduli kasih untuk warga jemaat dan masyarakat sekitar gereja  sebanyak 553 paket, sedangkan tahap pertama  586 paket. Meski tidak seberapa, namun inilah  wujud peduli kasih  dari gereja di HKBP se-Distrik XIX Bekasi di tengah tantangan pandemic global Covid-19 ini.
“Semoga badai ini cepat berlalu, harap dan doa Praeses Banner Siburian, sambil menyampaikan salut dan terimakasih kepada segenap Posko Tanggap bencana di jemaat-jemaat dalam ruang lingkup Distrik XIX Bekasi. Amin,” katanya. (hem)

Komentar