Walikota Bekasi : PSBB Tahab III, Diharapkan Mampu Memutus Rantai Penyebaran Covid-19

Uncategorized245 Dilihat

BeTimes.id- Walikota Bekasi Dr H Rahmat Effendi  selaku ketua tim gugus tugas percepatan covid 19 Kota Bekasi mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 hampir 2 bulan dari tahap siaga sampai dengan bencana.Namun pelaksanaan PSBB tahap I memang kurang efektif  dan PSBB tahap II mulai efektif berkat kerja aparatur turun ke wilayah hingga ke RW dan RT.Dan tahap ke III ini, diharapkan semakin mampu memutus rantai penyebaran Covid-19  dan hilangnya pandemi ini. 

Hal itu disampaikannya ketika memimpin rapat koordinasi terkait dengan pemberlakuannya PSBB tahap III di Gate 8, Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi, Kamis, (13/5).  Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Bekasi Dr Tri Adhianto, Sekda Kota Bekasi Reny Hendrawati, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombespol Wijonarko dan Danramil 01.

Rahmat Effendi juga mengintruksikan  agar Tim Terpadu Pengendalian bantuan Sosial Kota Bekasi membuat kronologis untuk penyajian data yang benar , sehingga nantinya tepat sasaran lalu koordinasi  dengan gubernur terkait bansos yang diberikan dari gubernur.

“PSBB tahap ke III ini sudah dibuatkan Pergub nomor 40 tentang sanksi, dan nantinya semua instrumen PSBB untuk sosialisasi tentang sanksi, sehingga warga semakin taat dan patuh,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Polisi Wijonarko mengrapannya agar pelaksanaan PSBB bisa lebih maksimal didukung bergeraknya elemen pemerintah mengedukasi masyarakatnya agar taat dan  patuh terhadap aturannya. “Adanya inovasi ataupun terobosan yang baru seperti sanksi, maka dari itu pelaksanaan harus dimaksimalkan, sebelum dilakukan apakah perlu adanya peragaan, karena jika sekaligus dilakukan di 56 kelurahan, inovasi kita sebenarnya sudah maksimal seperti RW siaga, kegiatan kelurahan, didukung sarana publikasi yang memadai, kemudian inovasi lain adalah karakteristik berdasarkan wilayah, apakah kelurahan yang terbaik diberikan penghargaan,” ungkp Wijonarko.

Apresiasi dan dukungan kepada peran swadaya masyarakat ini sangat penting untuk meningkatkan kondusifitas wilayah masing-masing. Ia juga menyampaikan mengenai kriminalitas sebelum Covid-19,  sebenarnya cukup banyak tetapi semenjak covid ini menurun jauh. “Tetapi kita harus lebih waspada agar wilayah selalu kondusif,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini juga berbagai laporan disampaikan tim kordinasi dari tiga wilayah dan dicatat sebagai bahan evaluasi PSBB Kota Bekasi. Tim I diwakili  Kasaptol PP, Camat Medan Satria, Kadiskominfostandi, Kadishub, Setwan. Tim Wilayah II diwakili laporan  Kecamatan Bekasi Timur, Kecamatan Bantar Gebang, DPPKB, Disparbud. Dan Tim Wilayah III diwakili Dinas KUMKM, Kecamatan Pondok Melati, Kecamatan Jatisampurna, DPMPTSP. (adv/hum)

Komentar